alexametrics

Harga Konsumen Jepang Naik Pertama Kali dalam 4 Bulan

loading...
Harga Konsumen Jepang Naik Pertama Kali dalam 4 Bulan
Harga konsumen Jepang pada November naik sedikit setelah terjadi penurunan selama tiga bulan. Foto: Ilustrasi/istimewa
A+ A-
TOKYO - Harga konsumen Jepang pada November naik sedikit setelah terjadi penurunan selama tiga bulan. Penurunan harga minyak terus menekan inflasi.

Seperti dikutip dari Bloomberg, Jumat (25/12/2015), harga konsumen tidak termasuk makanan segar naik 0,1% pada November dari tahun sebelumnya. Para ekonom yang disurvei Bloomberg, memperkirakan harga menjadi datar.

Program stimulus moneter Bank of Japan (BOJ) pekan lalu untuk mempersiapkan langkah mengakhiri deflasi di Jepang. Sementara, Gubernur Haruhiko Kuroda telah mengindikasikan bahwa dia tidak akan membahas penurunan harga hanya disebabkan oleh harga energi yang rendah, jika deflasi berlanjut bisa menunda mengubah pola pikir perusahaan dan konsumen tentang pengeluaran dan meminta bank untuk menambah stimulus lagi.



Perdana Menteri Jepang Shinzo Abe telah mendesak perusahaan untuk memperluas investasi di beberapa pabrik dan upah yang lebih tinggi karena pertumbuhan pendapatan hangat telah faktor dalam menekan belanja konsumen.

BOJ juga mengumumkan program baru untuk membeli reksa dana terbuka exchange traded fund (FTF) terdiri dari saham dari perusahaan secara proaktif berinvestasi.

"Inflasi akan tetap tenang mengingat apa yang terjadi dengan minyak. pasar akan terus berspekulasi untuk pelonggaran lebih lanjut," kata Daiju Aoki, seorang ekonom di UBS.

Kuroda mengatakan, tren inflasi membaik setelah target BOJ tidak berubah pekan lalu. BOJ mengharapkan harga konsumen mencapai 2% sekitar enam bulan sampai Maret 2017, namun hal itu tergantung dari pergerakan harga minyak.

Dalam survei Bloomberg, 10 dari 25 analis yang mengharapkan adanya pelonggaran lebih lanjut pada Juli dan satu melihatnya pada Januari 2017 atau lebih lambat. 14 analis lainnya memprediksi tidak ada stimulus lebih lanjut di masa mendatang.
(izz)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak