Jokowi Resmikan Kereta Cepat Jakarta-Bandung

Kamis, 21 Januari 2016 - 12:10 WIB
Jokowi Resmikan Kereta Cepat Jakarta-Bandung
Jokowi Resmikan Kereta Cepat Jakarta-Bandung
A A A
BANDUNG - Presiden Joko Widodo (Jokowi) hari ini meresmikan dimulainya proyek kereta cepat kerja sama Indonesia-China serta Pengembangan Sentra Ekonomi Koridor Jakarta-Bandung. Acara groundbreaking dimulai dengan peninjauan maket kereta cepat oleh Jokowi.

Acara groundbreaking yang dilakukan di Perkebunan Mandalawangi Maswati, Cikalong Wetan, Kabupaten Bandung Barat ini, dibuka dengan menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya.

Dalam sambutannya, Jokowi mengatakan, proyek kereta cepat Jakarta-Bandung ini era kecepatan dimulai untuk bangsa yang menjungjung tinggi kompetitif.

"Ini era persaingan, era kompetitif, negara yang punya kompetitifnes, efisien, punya kecepatan memutuskan, dan membangun, akan menjadi pemenang dalam persaingan antar negara. Sebab itu, ini solusi atas kecepatan yang tadi saya sampaikan, karena kecepatan mobilitas barang dan orang, yang akan memenangkan kita‎," katanya di Walini, Cikalong Wetan, Jawa Barat, Kamis (21/1/2016).

Jokowi berjanji akan terus memantau proses pembangunannya, agar manfaatnya bisa dapat langsung dirasakan masyarakat sekitar, terutama yang terkena lintasan kereta cepat ini.

"Ke depan, ini akan menjadi manfaat bagi rakyat baik untuk jangka pendek maupun jangka panjang. Jadi, saya akan terus memantau agar manfaatnya bisa langsung dirasakan," katanya.

Turut hadir dalam acara ini, yaitu Menteri BUMN Rini M Soemarno, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono, Menteri Lingkungan Hidup Siti Nurbaya, Menteri Koordinator bidang Perekonomian Darmin Nasution, Menteri PPN Sofyan Djalil, dan Direktur PT KAI Edi Sukmoro.

Selain itu, juga dihadiri Duta Besar Republik Rakyat Tiongkok, Gubernur Provinsi Jawa Barat Ahmad Heryawan dan Muspida Provinsi Jawa Barat, Para Direksi BUMN dan anggota Konsorsium Kereta Cepat Indonesia (KCIC).
(izz)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4302 seconds (0.1#10.140)