Nama Pele Jadi Kata Sifat di Kamus Bahasa Brasil, Artinya Orang yang Tak Tertandingi

Kamis, 27 April 2023 - 13:19 WIB
loading...
Nama Pele Jadi Kata Sifat di Kamus Bahasa Brasil, Artinya Orang yang Tak Tertandingi
Pele Jadi Kata Sifat di Kamus Bahasa Brasil, Artinya Orang yang Tak Tertandingi. Foto: IST
A A A
RIO DE JANEIRO - Nama Pele dipakai sebagai kata sifat di dalam kamus Bahasa Brasil yang artinya orang yang luar biasa tak tertandingi. Dimasukkannya nama Pele sebagai kata sifat di kamus bahasa Brasil sebagai cara pemerintah untuk menghargai tokoh yang dianggap berjasa untuk bangsa dan negara.

Di Brasil, kamus bahasa setempat memasukkan kata 'Pele' sebagai kata sifat yang digunakan untuk menggambarkan pribadi luar biasa, tak tertandingi, dan unik.

Baca Juga: Jenazah Pele Disemayamkan di Tengah Lapangan Stadion Vila Belmiro

Masuknya kata Pele dalam kamus bahasa Brasil merupakan bagian dari kampanye yang diprakarsai Pele Foundation dan Sportv untuk merawat pengaruh abadi sang atlet jauh dari urusan sepak bola. Associated Press (AP) melaporkan, di Brasil muncul petisi yang sukses mengumpulkan 125 ribu tanda tangan berisi dukungan agar Pele masuk ke dalam kamus bahasa.

“Orang yang luar biasa, atau yang karena kualitas, nilai atau keunggulannya tidak dapat ditandingi oleh apapun atau siapapun, sama seperti Pele; julukan Edson Arantes do Nascimento (1940-2022), dianggap sebagai atlet terbaik sepanjang masa; luar biasa , tak tertandingi, unik. Contoh: Dia Pele bola basket, dia Pele tenis, dia Pele teater Brasil, dia Pele kedokteran," demikian bunyi definisi kata Pele di kamus tersebut.

Pele, yang bernama asli Edson Arantes do Nascimento, meninggal pada 29 Desember 2022 setelah berjuang melawan kanker usus besar. Pertandingan internasional pertamanya dengan Brasil melawan Argentina pada 7 Juli 1957 di Stadion Maracana.

Pele baru berusia 16 tahun sembilan bulan pada saat pertandingan itu. Dia membuat sejarah hari itu dengan mencatatkan gol pertamanya, salah satu dari 77 gol yang dia cetak melalui 92 pertandingan internasional dalam kariernya. Dia adalah pemain termuda yang mencetak gol untuk negaranya dan masih menjadi pencetak gol terbanyak Brasil sepanjang masa.

Di usia 17 tahun 239 hari, Pele juga menjadi pemain termuda yang mencetak gol di panggung besar Piala Dunia FIFA Swedia 1958. Sekarang Pele tidak hanya ada di buku rekor sepak bola, dia juga akan menjadi bagian dari kosa kata di negaranya.
(sto)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1533 seconds (0.1#10.140)