Tingkatkan Daya Saing, Sandiaga Komitmen Kembangkan UMKM di Solo

Senin, 01 Mei 2023 - 11:30 WIB
loading...
Tingkatkan Daya Saing, Sandiaga Komitmen Kembangkan UMKM di Solo
Menparekraf Sandiaga Uno dalam acara pelatihan digitalisasi yang dilakukan oleh HIPMI di Taman Sunan Jogo Kali, Jebres, Kota Solo, Jawa Tengah, Sabtu (29/4/2023). FOTO/dok.Istimewa
A A A
SOLO - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno berkomitmen meningkatkan daya saing UMKM guna terus berinovasi, beradaptasi dan berkolaborasi. Dengan begitu, para pelaku ekonomi kreatif bisa memperkuat ekosistem mereka di tengah pesatnya perkembangan era digital.

"Potensi di Era digital bagi UMKM sangat besar, karena 97 persen lapangan kerja diciptakan oleh UMKM. Kegiatan-kegiatan seperti ini langsung dirasakan masyarakat, inilah arah pembangunan kita, jangan pernah diubah yang berpihak pada UMKM dalam memberikan peluang, pembiayaan, dan pemasaran, sehingga produk mereka trus meningkat," kata Sandiaga Uno dalam acara pelatihan digitalisasi yang dilakukan oleh Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (HIPMI) di Taman Sunan Jogo Kali, Jebres, Kota Solo, Jawa Tengah, Sabtu (29/4/2023).



Menurut Sandiaga pelatihan digitalisasi tersebut dapat dirasakan langsung oleh UMKM. Ia pun mengatakan pemberdayaan yang berpihak pada ekraf dapat meningkatkan kebangkitan ekonomi.

Lebih lanjut, Sandiaga menjelaskan berbagai materi pelatihan diberikan melalui platform TikTok, termasuk bagaimana menciptakan konten untuk membantu penjualan produk UMKM. Hal ini dinilai memberikan dampak yang luas terhadap kebangkitan ekonomi dan terciptanya lapangan kerja.

"Media sosial memiliki peran penting dalam menyampaikan pesan edukatif serta konten-konten kreatif, agar mendorong pelaku UMKM terus berinovasi, mereka kita bekali dengan kemampuan dan keterampilan untuk memaksimalkan potensi online dari platform TikTok dalam menarik konsumen secara cepat," ujar Sandiaga.



Dia mengatakan Solo memiliki destinasi wisata yang bisa diandalkan untuk menarik wisatawan Nusantara maupun Mancanegara. Sandiaga menuturkan 62 persen pertumbuhan ekonomi di Solo dari sektor pariwisata dan juga ekonomi kreatif.

"Komunitas yang tergabung di sini bisa menjadikan Sunan Jogo Kali sebagai destinasi unggulan. Solo memiliki 62 persen pertumbuhan ekonomi di atas rata-rata nasional, salah satu yang mendorong pertumbuhan ekonominya adalah pariwisata dan ekonomi kreatif yang kita jaga pemulihannya," tutur Sandiaga.
(nng)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2329 seconds (0.1#10.140)