KA Pelabuhan Tanjung Priok Siap Beroperasi Penuh Bulan Depan

Kamis, 18 Februari 2016 - 14:32 WIB
KA Pelabuhan Tanjung Priok Siap Beroperasi Penuh Bulan Depan
KA Pelabuhan Tanjung Priok Siap Beroperasi Penuh Bulan Depan
A A A
JAKARTA - PT Kereta Api Logistik (Kalog) mengutarakan bahwa kereta api (KA) logistik di Pelabuhan Tanjung Priok siap dioperasikan penuh pada Maret 2016. Saat ini, pihaknya bersama Kementerian Koordinator (Kemenko) bidang Kemaritiman tengah melakukan uji coba pengoperasian KA logistik tersebut.

(Baca Juga: Rizal Ramli Klaim KA Pelabuhan Priok Pangkas Sepertiga Kemacetan)

Direktur Operasi Kalog Sugeng Priyono mengatakan, Kalog merupakan anak usaha dari PT Kereta Api Indonesia (Persero) yang menjadi operator kereta logistik di Pelabuhan Tanjung Priok. Dia menerangkan secara keseluruhan, kereta logistik tersebut telah siap beroperasi, hanya tinggal peralatan pendukung yang tengah dipersiapkan.

"Hari ini uji coba pemanfaatan bongkar muat disini. Uji coba secara keseluruhan infrastruktur, sarana pendukung ya kira-kira sudah 95%. Kurang kecil-kecil lah kayak lampu dan kantor," katanya di Stasiun JICT, Jakarta, Kamis (18/2/2016).

Dia menambahkan, rencananya stasiun kereta logistik yang ada di Pelabuhan Tanjung Priok tersebut akan diberi nama Stasiun Jakarta International Container Terminal (JICT).

"Rencananya nama stasiunnya JICT. Oleh karena itu emplasemennya dinamakan emplasemen JICT. Jadi kira-kira minggu pertama Maret kita siap mengoperasikan itu. Dari sisi sarana pendukung, termasuk infrastruktur dan sebagainya," tandasnya.

(Baca Juga: Ini Penampakan Jalur KA Bekas Belanda di Pelabuhan Priok)

Sebagai informasi dalam uji coba KA pelabuhan rute Stasiun JICT Tanjung Priok menuju Stasiun Pasoso dan sebaliknya itu dihadiri oleh Menteri Koordinator (Menko) bidang Kemaritiman Rizal Ramli. Seperti diketahui selama ini jalur KA tersebut mati lantaran RJ Lino yang dulu menjabat sebagai Direktur Utama Pelindo II menolak pengoperasian KA pelabuhan tersebut.
(akr)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6009 seconds (0.1#10.140)