Legislator Apresiasi Kinerja Erick Thohir yang Sukses Pacu BUMN Setor Rp80,2 Triliun ke Kas Negara

Selasa, 02 Mei 2023 - 22:57 WIB
loading...
Legislator Apresiasi Kinerja Erick Thohir yang Sukses Pacu BUMN Setor Rp80,2 Triliun ke Kas Negara
Menteri BUMN Erick Thohir. Foto/SINDOnews/Yulianto
A A A
JAKARTA - Anggota Komisi VI DPR, Achmad Baidowi mengapresiasi kinerja Menteri BUMN Erick Thohir yang mampu menyumbangkan Rp80,2 triliun ke kas negara. Angka tersebut merupakan jumlah dividen BUMN sepanjang tahun 2022 yang jauh lebih besar dibanding tahun-tahun sebelumnya.

“Kami mengapresiasi kinerja Menteri BUMN Erick Thohir atas pencapaian dividen yang sebesar Rp80,2 triliun ini. Itu menunjukkan bahwa selama ini jajaran Kementerian BUMN memang fokus dan memiliki strategi bisnis yang tepat,” ujarnya kepada MNC Portal Indonesia (MPI), Selasa (2/5/2023).

Baidowi mengakui bahwa selama ini dirinya memang mengapresiasi strategi Kementerian BUMN dan profesionalitas orang-orang di dalamnya. Sehingga, BUMN sebagai sebuah entitas bisnis bisa menjalankan fungsi bisnisnya untuk mendapatkan keuntungan.

Adapun salah satu yang diapresiasi Baidowi adalah pembuatan holding-holding (holdingisasi) yang mampu membuat kinerja BUMN efisien dan lebih terarah.

“Kementerian BUMN memang sedikit berbeda dengan kementerian lainnya, di mana institusi ini diperintahkan untuk mencari keuntungan di samping juga untuk mendukung pembangunan serta memberikan manfaat sosial dan lingkungan kepada masyarakat,” tuturnya.



Meski begitu, Baidowi berpesan agar Erick Thohir dan jajarannya untuk tidak berpuas diri, namun juga harus terus melakukan pembenahan dengan semakin memastikan opesional perusahaan bisa berjalan sesuai dengan ketentuan yang ada.

Menurut dia, Kementerian BUMN juga harus memastikan bahwa jajaran direksi dan komisaris harus diisi oleh orang-orang yang memang berkompeten, sehingga tidak terjadi konflik kepentingan.



“Kami meminta agar kasus seperti ditetapkannya Dirut Waskita sebagai tersangka tidak lagi terjadi di BUMN lain. Pak Erick harus menjadikan hal ini sebagai pelajaran untuk bersih-bersih BUMN agar bisa lebih profesional dan memberikan keuntungan lebih besar kepada negara,” tandasnya.

(ind)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1199 seconds (0.1#10.140)