alexametrics

Cara Menko Darmin Bantu Petani Karet

loading...
Cara Menko Darmin Bantu Petani Karet
Menko bidang Perekonomian Darmin Nasution menerangkan beberapa cara untuk membantu petani karet terkait lonjakan harga di pasaran
A+ A-
JAKARTA - Menteri Koordinator (Menko) bidang Perekonomian Darmin Nasution menerangkan beberapa cara untuk membantu petani karet terkait lonjakan harga di pasaran. Meski demikian dia menekankan tidak memberikan insentif dalam bentuk bantuan langsung.

"‎Janganlah bantuan langsung, kita cari cara untuk mendorong menaikkan penghasilan mereka. Termasuk kemungkinan mendorong pengusaha agar membeli karet dengan harga lebih tinggi. Disisi lain, tentu saja bagaimana harga karet ini bisa membaik," jelasnya di Jakarta, Jumat (4/3/2016).

(Baca Juga: Petani Karet Keluhkan Lonjakan Harga ke Jokowi)

Dia menambahkan harga karet di tingkat petani yang mencapai Rp4000 per kilogram (kg) menurutnya membuat petani di Sumatera merasa berat dan tercekik. Lanjut dia pemerintah harus fokus dulu agar harga karet kembali stabil. "‎Tentu saja bagaimana membuat harga karet bisa membaik. Kita dorong industri untuk menggunakan karet," sambungnya.

Dijelaskan olehnya jika hanya mengandalkan investor domestik untuk karet, belum tentu laku jika dijual ke dalam negeri. "Mana ada yang mau. Karena tidak ada pasarnya. Jadi kalau ada yang mengelola dan membangun pabrik karet sintetis baru, pasti cari pasar di luar. Dengan adanya investor baru, maka pemakaian karet bisa lebih banyak. Ini bisa mendongkrak harga karet alam," pungkasnya.
(akr)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak