Transaksi e-Banking Meningkat, Fungsi ATM Berkurang

Minggu, 06 Maret 2016 - 11:11 WIB
Transaksi e-Banking Meningkat, Fungsi ATM Berkurang
Transaksi e-Banking Meningkat, Fungsi ATM Berkurang
A A A
BANDUNG - Mulai banyaknya penggunaan transaksi non tunai seperti melalui uang elektronik, lama-lama akan mengurangi fungsi Automatic Teller Machine (ATM). Beberapa fungsi transaksi elektronik melalui ATM akan tidak lagi digunakan ke depannya.

"Fungsi ATM lama-lama akan berkurang, fungsinya enggak aktif. Penarikan uang kecil, negara maju transaksi ritel enggak pakai cash," ujar SEVP IT Strategy and Satelite BRI Hexana Tri Sasongko di Bandung, Minggu (6/3/2016).

Jadi, kata dia, kegunaan non kas akan terlihat lebih menonjol dengan menggunakan transaksi elektronik banking tanpa device seperti EDC. "Jadi, fungsi non cash akan menonjol sekali ke arah elektronik banking tanpa device. Misalnya hari ini ke toko pakai EDC gagal tapi ngotot, di Amerika Serikat enggak ada EDC jejer-jejer," katanya.

Lebih lanjut dia menyebutkan bahwa jumlah transaksi melakui e-banking meningkat hingga tiga kali lipat sehingga penarikan uang tunai seharusnya lebih berkurang.

"Di bawah Rp10 juta, sekarang Rp30 juta transaksi/hari dari e-banking. Transaksi elektronik di negara berkembang di ATM tidak buat tarik uang, jadi transaksi lainnya," pungkas Hexana.
(izz)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.0840 seconds (0.1#10.140)