Pertamina Raih Asia's Icon on Corporate Governance Award

Senin, 14 Maret 2016 - 09:00 WIB
Pertamina Raih Asias Icon on Corporate Governance Award
Pertamina Raih Asia's Icon on Corporate Governance Award
A A A
JAKARTA - PT Pertamina (Persero) kembali memperoleh penghargaan dari lembaga luar negeri. Kali ini penghargaan diberikan Corporate Governance Asia, sebuah jurnal GCG terkemuka di Asia yang berlokasi di Hong Kong. Lembaga ini memberikan penghargaan kepada perusahaan-perusahaan yang konsisten menjalankan dan mengimplementasikan prinsip-prinsip good corporate governance (GCG).

Pertamina mendapatkan penghargaan dengan predikat sebagai The Best Of Asia periode 2012-2015 sebagai Asia's Icon on Corporate Governance. Penghargaan diberikan langsung Founder and Publisher Corporate Governance Asia Aldrin Monsod kepada Direktur Utama Pertamina Dwi Soetjipto, yang didampingi Chief Legal Counsel & Compliance Pertamina Genades Panjaitan, Corporate Secretary Pertamina Wisnuntoro, Vice President Stakeholder Relations Syahrial Mukhtar, serta Manager Investor Relations Kornel H Soemardi di Executive Lounge Kantor Pusat Pertamina, Rabu (2/3/2016).

Chief Legal Counsel & Compliance Pertamina Genades Panjaitan mengatakan, Pertamina berhasil mendapatkan penghargaan ini karena telah memenuhi kriteria dan penilaian yang dimiliki Corporate Governance Asia. ”Menurut penilaian mereka, kita pantas mendapatkan penghargaan ini karena dianggap masalah GCG itu menjadi salah satu kepedulian dari perusahaan kita. Dibandingkan dengan perusahaan-perusahaan lain di Asia, Pertamina wajar mendapatkan penghargaan ini,” kata Genades.

Founder and Publisher Corporate Governance Asia Aldrin Monsod mengatakan pihaknya datang untuk memberikan penghargaan atas usaha Pertamina dalam mempraktikkan GCG. Dia menjelaskan, di tengah turunnya harga minyak, strategi yang diterapkan Pertamina telah memenuhi pilar-pilar dari GCG.

”Pertamina already started to engage this topic, and their future is pretty bright because, as we all know that the five strategies is on the pillar of the good corporate governance practices, so I don’t think they will stop what they are started from now, they will develop it more, they will engage more, to the higher standard of practices, and I wish them all the best for the future,” tutur Aldrin.

Penghargaan ini diberikan berdasarkan pada roadmap Pertamina dalam menjalankan GCG. Selain Pertamina, di Indonesia hanya ada satu perusahaan lain yang menerima penghargaan serupa yakni PT Bank Mandiri (Persero) Tbk.

Pada kesempatan yang sama, Corporate Governance Asia juga memberikan buku jurnal mengenai Roadmap to Corporate Governance: Inside the Best Company in Asia. Buku ini berisi mengenai perusahaan-perusahaan di regional Asia dalam penerapan good corporate governance.
(poe)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.8123 seconds (0.1#10.140)