Jalin dan LinkAja Kolaborasi Perluas QRIS Cross Border ke Malaysia

Selasa, 09 Mei 2023 - 22:30 WIB
loading...
Jalin dan LinkAja Kolaborasi Perluas QRIS Cross Border ke Malaysia
Jalin dan LinkAja memperluas layanan QRIS Cross Border ke Malaysia. FOTO/dok.SINDOnews
A A A
JAKARTA - PT Jalin Pembayaran Nusantara (Jalin) bekerja sama dengan PT Fintek Karya Nusantara (LinkAja) memperluas implementasi layanan QR Code Indonesian Standard ( QRIS ) yang menghubungkan pembayaran antar negara (cross border) melalui interkoneksi kode QR antara Malaysia dan Indonesia.

Implementasi ini merupakan tindak lanjut dari kesepakatan di 2021 terkait pemanfaatan teknologi QR Code pada aplikasi LinkAja untuk pembayaran antar negara dalam Jaringan Link yang dimiliki Jalin.

Dalam implementasinya, LinkAja berperan sebagai sebagai issuer dan acquirer, sementara Jalin berperan sebagai lembaga switching di Indonesia. Sebelumnya, di Agustus 2022 lalu, Jalin dan LinkAja telah mengimplementasikan layanan QRIS cross-border di Thailand.



Direktur Utama Jalin, Ario Tejo Bayu Aji mengatakan bahwa model kerja sama dari implementasi QRIS Cross Border yang dijalankan adalah ‘Switching to Switching’ sehingga Jalin akan terhubung dengan switching di Malaysia dengan menggunakan API (application programming interface) dan standard messaging dalam proses integrasi.

Adapun proses settlement akan dilakukan melalui metode LCS (local currency settlement) melalui Bank ACCD (appointed cross currency dealer).

"Kerja sama ini diluncurkan dalam rangkaian Festival Ekonomi Keuangan Digital Indonesia (FEKDI) 2023 yang selaras dengan tema Synergy and Innovation of Digital Economy: Fostering Growth. Sinergi ini diharapkan dapat memberikan dampak positif dalam upaya implementasi sistem pembayaran regional yang aman, efisien, canggih dan kompetitif," kata Ario dalam keterangannya, Selasa (9/5/2023).

Direktur Marketing LinkAja, Muhammad Rendi Nugraha, mengapresiasi koordinasi dan kolaborasi yang sangat baik di antara Jalin dan LinkAja dalam implementasi layanan QRIS cross-border yang terinterkoneksi di Malaysia dan Indonesia.

"Kami menyambut baik kerja sama strategis ini yang sejalan dengan tujuan kami dalam memperluas ekosistem digital guna mendorong inklusi keuangan. Melalui sinergi ini diharapkan dapat mengakselerasi peningkatan ekonomi pada sektor pariwisata," paparnya.

"Selain itu, diharapkan juga dapat mempermudah transaksi para pengguna baik di Indonesia maupun di Malaysia. Ke depannya, bersama Jalin, kami juga akan terus memperluas implementasi QRIS cross border di negara-negara lain, setelah sebelumnya LinkAja sebagai acquirer dan issuer secara resmi mengimplementasikan QRIS cross border di Thailand," imbuhnya.



Sebagai informasi, transaksi QRIS yang diproses oleh Jalin melonjak secara signifikan dengan kenaikan lebih dari 700% di periode tertentu seperti Ramadan dan Idulfitri 2023. Jalin melihat ini sebagai tren yang sangat positif di mana Perusahaan senantiasa mendukung target Bank Indonesia untuk meningkatkan penambahan jumlah pengguna QRIS sebanyak 15 juta pengguna dengan target total menjadi sebanyak 45 juta pengguna di akhir 2023.
(nng)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2411 seconds (0.1#10.140)