PTFI dan AMINEF Berikan Beasiswa ke AS untuk Siswa Asal Papua

Sabtu, 13 Mei 2023 - 07:53 WIB
loading...
PTFI dan AMINEF Berikan Beasiswa ke AS untuk Siswa Asal Papua
Presiden Direktur PTFI Tony Wenas dalam acara komitmen hibah untuk program Community College Initiative (CCI) di Pacific Place Mall, Jakarta. FOTO/dok.SINDOnews
A A A
JAKARTA - Pengelola dana beasiswa Amerika Serikat Fulbright, The American Indonesian Exchange Foundation (AMINEF), dan PT Freeport Indonesia (PTFI) sepakat untuk melanjutkan program beasiswa bagi kandidat pelajar dari Papua yang memenuhi kriteria seleksi untuk kuliah di perguruan tinggi komunitas di Amerika Serikat selama dua semester.

PTFI akan menyediakan beasiswa senilai USD2 juta selama periode 2023-2028 untuk mendanai sekitar 10 peserta Papua per tahun dalam program Community College Initiative (CCI) milik Departemen Luar Negeri AS.



Program CCI merupakan sebuah kesempatan pendidikan yang dikelola oleh konsorsium perguruan tinggi komunitas Amerika dari Northern Virginia Community College dan didukung oleh AMINEF. Program CCI secara khusus menargetkan kelompok masyarakat yang masih memiliki keterbatasan akses ke sektor pendidikan.

Di Indonesia, AMINEF bertujuan untuk merekrut pelamar beasiswa di luar kota-kota besar di Jawa dan dari masyarakat yang memiliki kesempatan terbatas untuk belajar di luar negeri. Kerja sama khusus dengan PTFI akan memungkinkan pelajar dari enam provinsi di Papua untuk mendapatkan kesempatan belajar di luar negeri, sebagai bagian dari sekitar 30 pelajar Indonesia yang berpartisipasi dalam program AMINEF setiap tahunnya.

Komitmen hibah untuk program Community College Initiative (CCI) ini diresmikan melalui penandatanganan sebuah nota kesepahaman pada Jumat, 12 Mei 2023 di @america, Pacific Place Mall, Jakarta.
Penandatanganan dokumen oleh Direktur Eksekutif AMINEF Alan Feinstein dan Presiden Direktur PTFI Tony Wenas turut disaksikan oleh Wakil Duta Besar AS untuk Indonesia Michael F. Kleine
dan Pejabat Gubernur Provinsi Papua Tengah Ribka Haluk. Dalam acara penandatanganan ini, tiga alumni beasiswa AMINEF asal Papua juga turut membagikan pengalaman mereka.

"PTFI bangga dapat melanjutkan kemitraan jangka panjang kami dengan AMINEF untuk memberikan kesempatan bagi lebih banyak pelajar Papua untuk menempuh studi di Amerika Serikat. Program beasiswa ini menunjukkan komitmen kami terhadap pendidikan dan membantu membangun masa depan yang lebih cerah bagi masyarakat Papua," kata Presiden Direktur PTFI Tony Wenas melalui pernyataan resmi, Sabtu (13/5/2023).



Nota kesepahaman ini merupakan kelanjutan dari kerja sama yang telah terjalin antara PTFI dan AMINEF sejak tahun 1998. Melalui program CCI yang didanai Departemen Luar Negeri AS, siswa Papua, layaknya para pemuda dari daerah lain di Indonesia, dapat belajar di berbagai bidang seperti pertanian, teknik terapan, manajemen bisnis, pendidikan anak usia dini, teknologi informasi, media, serta manajemen pariwisata dan perhotelan.

AMINEF merupakan lembaga pengelola program beasiswa Fulbright dan program pertukaran serupa yang didanai oleh pemerintah AS dan Indonesia. Sejak 1998, AMINEF dan PTFI telah bekerja sama memberikan kesempatan mengikuti beasiswa Fulbright dan hibah Departemen Luar Negeri lainnya bagi masyarakat Papua.
(nng)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1072 seconds (0.1#10.140)