Pengguna Pixel 6 dan 7 Keluhkan Baterai Cepat Habis hingga Overheating

Senin, 15 Mei 2023 - 11:21 WIB
loading...
Pengguna Pixel 6 dan 7 Keluhkan Baterai Cepat Habis hingga Overheating
Pengguna Google Pixel mengeluh setelah adanya update, baterai jadi cepat habis dan HP panas. Foto: dok Engadget
A A A
JAKARTA - Sejumlah pengguna Google Pixel 6 dan 7 belum lama ini mengeluhkan daya tahan baterai yang menurun drastis hanya dalam beberapa jam. Bahkan, tidak sedikit dari mereka juga mengalami overheating atau panas berlebih pada ponsel.

Informasi ini sudah tersebar luas di berbagai forum online. Salah satunya situs Reddit. Banyak yang menduga masalah ini terjadi karena pembaruan aplikasi Google pada 12 Mei lalu.

Sejumlah pengguna merasa setelah pembaruan tersebut, konsumsi daya menjadi lebih meningkat dan berdampak negatif pada masa pakai baterai. Sebelumnya, laporan pembaca kepada Engadget juga sempat menyebutkan bahwa aplikasi Google telah menghabiskan baterai Pixel 6 Pro miliknya. Kemudian ponsel juga terasa sangat panas.

Pengguna tersebut telah mencoba mengubahnya ke versi lama. Namun hal itu hanya memperbaiki masa pakai baterai, bukan overheating ponsel. Dilansir dari PhoneArena, Senin (15/5), sejumlah pengguna Reddit juga menyampaikan keluhan mereka.

Salah seorang pengguna Reddit nocapsallspaces bercerita, ponsel Pixel 6 Pro dan Pixel 6 miliknya mengalami panas berlebih dan baterai yang menurun drastis. Padahal, mereka tidak melakukan aktivitas apapun pada ponsel tersebut. Baterainya kehilangan 20 persen daya hanya dalam waktu kurang dari satu jam. Dia menduga bahwa “dalang” dibalik masalah ini adalah pembaruan aplikasi Google terbaru 12 Mei.

Kemudian pengguna Reddit lainnya, Buck9s juga mengalami hal yang sama. Bahkan, ia sudah melakukan reset pabrik dan menginstal ulang sebagian besar data aplikasi pada ponsel Pixel miliknya. Namun masalah tersebut masih terjadi.

Pengguna Pixel 7 pun mengalami hal yang sama. Bahkan hal ini sudah terjadi dalam beberapa hari terakhir. “Saya pengguna Pixel 7, senang melihat postingan ini. Benar, saya menjadi gila karena harus mengganti ponsel saya beberapa kali dalam beberapa hari terakhir," tulis pengguna Reddit ompster.



Hingga saat ini, Google telah menyadari masalah yang terjadi namun belum memberikan perbaikan terbaru. Pembaruan kemungkinan akan segera hadir mengingat Google selalu mengatasi masalah yang terjadi pada ponselnya.

Sementara ini hal terbaik yang dapat dilakukan pengguna adalah mengaktifkan fitur Adaptive Battery dan pengoptimalan baterai. Namun perlu diingat, fitur tersebut akan membatasi sejumlah aplikasi dan fitur lainnya.
(dan)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2070 seconds (0.1#10.140)