alexametrics

Tabrakan di Bandara Halim

Bos Lion Tegaskan Pilot Batik Air Sudah Sesuai Prosedur

loading...
Bos Lion Tegaskan Pilot Batik Air Sudah Sesuai Prosedur
Presiden Direktur Lion Group Edward Sirait menilai dalam peristiwa tabrakan dengan TransNusa posisi pilot Batik Air sudah sesuai prosedur. Foto: Istimewa
A+ A-
JAKARTA - Presiden Direktur Lion Group, Edward Sirait menegaskan pilot Batik Air sudah berada dalam posisi take off atau siap terbang ketika insiden tabrakan dengan pesawat TransNusa terjadi. Dia menilai posisi pilot Batik Air sudah sesuai prosedur.

"Artinya, pilot Batik Air sudah sesuai dengan prosedur dan sudah diizinkan terbang atau take off berdasarkan koordinasi petugas menara atau Air Traffic Control (ATC). Ketika pilot dalam jarak pandang melihat ada pesawat lain, dia sudah menghindar namun sayapnya masih berbenturan," ujarnya, Selasa (5/4/2016).

Edward menyebutkan insiden tersebut tidak menimbulkan dampak terhadap penerbangan Batik Air baik yang ada di Bandara Halim maupun bandara lain. Batik Air, yang merupakan anak usaha Lion Group memiliki enam pesawat cadangan dengan jenis yang sama ketika insiden tersebut terjadi.



"Kami tegaskan bahwa insiden tersebut tidak mengganggu operasional Batik Air maupun Lion Group. Sebab kami memiliki pesawat cadangan. Sementara pesawat yang berbenturan pada 4 April 2016 itu untuk sementara kami grounded untuk kepentingan investigasi dari pihak berwenang," katanya.

Lion Gorup melansir bahwa seluruh penumpang maupun awak pesawat Batik Air dalam keadaan selamat. Terdapat tiga penumpang yang dirujuk ke rumah sakit untuk pengecekan. "Yang mengalami cedera itu akibat shock. Tapi semua penumpang pada akhirnya kami tangani dengan baik atau sudah diberangkatkan semua dari Bandara Cengkareng," jelas Edward.

Baca juga:

Tabrakan Batik Air di Bandara Halim, Kemenhub Tegur Angkasa Pura II

Pesawat batik Air Tabrakan dengan TransNusa di Halim

Ini Kronologis Tabrakan Pesawat Batik Air dan Transnusa

Bos Lion Benarkan Batik Air Tabrakan di Bandara Halim

Kemenhub: Tabrakan Batik Air, Bandara Halim Ditutup Sementara

Ini Jawaban Angkasa Pura II Terkait Teguran Kemenhub

Kemenhub Bekukan Ground Handling PT JAS
(dmd)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak