Ternyata, Demi Alasan Ini Swasta Dilibatkan Bangun Jalan Tol

Senin, 29 Mei 2023 - 16:13 WIB
loading...
Ternyata, Demi Alasan Ini Swasta Dilibatkan Bangun Jalan Tol
Masuknya swasta dalam pembangunan jalan tol agar pemerintah memiliki cadangan uang untuk menangani jalan-jalan luar pulau. Foto/Antara
A A A
JAKARTA - Pembangunan infrastruktur konektivitas tengah dikebut di era Presiden Joko Widodo, sebab konektivitas merupakan urat nadi sebuah perekonomian. Pembangunan infrastruktur bukan lagi hanya lewat kantong APBN, swasta pun dilibatkan dalam pembangunan jalan tol .



Juru Bicara Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Endra S. Atmawidjaja mengatakan, masuknya swasta dalam proyek-proyek jalan tol bertujuan agar pemerintah pusat memiliki cadangan uang untuk menangani jalan-jalan luar pulau.

"Dengan kita serahkan ke investor, kita punya uang cadangan lebih untuk mengurusi jalan-jalan di luar Jawa, kalau tidak habis uang kita di situ," ujar Endra saat ditemui MNC Portal, dikutip Senin (29/5/2023).

Sedangkan proyek-proyek tol yang ada di Pulau Jawa bisa diusahakan kepada swasta karena pertimbangan trafik yang juga bisa menguntungkan. Harapannya jalan di daerah atau pelosok yang kurang menguntungkan bisa ditangani oleh pemerintah.

"Ini yang secara ekonomi rate of return tinggi, trafik bagus, ya udah swasta saja (yang membangun) toh asetnya juga punya pemerintah," sambungnya.

Lebih lanjut, Endra menjelaskan di samping untuk mengatasi kemacetan, kehadiran jalan tol juga sekaligus mendorong pertumbuhan ekonomi di daerah. Dengan biaya logistik yang tidak terlalu tinggi masyarakat bisa lebih mudah untuk memasarkan produknya lebih luas.

"Kalau kita tidak lakukan apa-apa, membiarkan masyarakat sengsara dengan kemacetan tanpa ada solusi, itu pemerintah salah," kata Endra.



"Kita melakukan penambahan kapasitas lewat tol, supaya masyarakat punya pilihan. Kalau dia mau pakai jalan biasa ya tidak apa-apa, mau pakai kereta tidak apa-apa, tapi pemerintah harus kasih pilihan," pungkasnya.

(uka)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2754 seconds (0.1#10.140)