Pemda Pamer Usaha Mikro Menjamur, Teten: Jangan Langsung Nilai Itu Keberhasilan

Selasa, 30 Mei 2023 - 10:30 WIB
loading...
Pemda Pamer Usaha Mikro Menjamur, Teten: Jangan Langsung Nilai Itu Keberhasilan
MenkopUKM Teten Masduki mengungkap sisi lain dari menjamurnya usaha mikro. Foto/Dok
A A A
JAKARTA - Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki menegaskan penambahan sektor usaha mikro bukanlah suatu keberhasilan, tapi justru sebuah kegagalan. Dia mengaku selama ini banyak pemerintah daerah (pemda) yang pamer usaha mikro di daerahnya meningkat.



Teten mengatakan, menjamurnya pengusaha mikro menjadi satu indikator bahwa lapangan kerja semakin minim di Indonesia.

"Jadi jangan langsung menilai jika usaha mikro semakin banyak itu berarti sebuah keberhasilan," kata Teten dalam Rapat Koordinasi Teknis Perencanaan Bidang Koperasi, UMKM dan Kewirausahaan 2023 yang dipantau secara online dikutip Selasa (30/5/2023).

Teten menjelaskan, pelaku usaha mikro bukan berniat untuk membesarkan usaha. Mereka hanya mencoba untuk memenuhi kebutuhan hidup karena tidak terserap oleh lapangan pekerjaan.

Bisnis yang dilakukan cenderung tidak terarah dan relatif meniru produk-produk yang sudah ada sebelumnya. Situasi itulah yang akhirnya meningkatkan persaingan sehingga produknya tidak terlalu laku di pasaran.

"Akibatnya, penghasilan dari usaha mikro pasti di bawah UMR," ungkap Teten.



Teten pun mendorong para pelaku UKM untuk naik kelas agar produk di sektor tersebut bisa dijual. Selain itu dia juga mengataka para pelaku UKM akan dihubungkan dengan rantai pasok industri agar bisa berkembang dan mampu menyediakan lapangan kerja yang berkualitas.

(uka)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2208 seconds (0.1#10.140)