Geram soal Desakan Izin Impor Bawang Putih, Mendag Zulhas: Yang Tahu Stok Saya!

Selasa, 30 Mei 2023 - 13:40 WIB
loading...
Geram soal Desakan Izin Impor Bawang Putih, Mendag Zulhas: Yang Tahu Stok Saya!
Mendag Zulhas keberatan dengan banjirnya bawang putih impor. Foto/AdveniaElisabeth/MPI
A A A
JAKARTA - Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan atau Mendag Zulhas tidak setuju jika bawang putih impor terus banjir di Indonesia. Menurut dia, salah satu komoditas dapur itu bisa diproduksi sendiri di Tanah Air.



Pernyataan Mendag Zulhas itu merespons Perkumpulan Pelaku Usaha Bawang dan Sayur Umbi Indonesia (Pusbarindo). Mereka mengaku bahwa stok bawang putih nasional sudah menipis dan membutuhkan tambahan pasokan, sementara izin impor bawang putih masih tertahan.

"Yang tahu stok saya! Kita mau ekspor, jangan hobi impor dong! Masa soal bawang (kita impor). Kita kurangilah impor-impor yang bisa mengganggu ekonomi kita," cetus Mendag saat ditemui di Hotel The St. Regis, Jakarta, Selasa (30/5/2023).

Sayangnya, Mendag Zulhas terlihat tak mau berkomentar banyak lagi saat ditanyai lebih lanjut ihwal perizinan impor bawang putih ini.

Sebelumnya Deputi Bidang Ketersediaan dan Stabilisasi Pangan Badan Pangan Nasional (Bapanas) I Gusti Ketut Astawa menerangkan, meskipun saat ini stok bawang putih masih ada, namun harganya tinggi karena belum ada tambahan barang masuk lagi dari para importir. Melihat kondisi seperti ini, maka tak ayal jika pedagang pasar mengkoreksi harga.

Bapanas pun mendesak Kemendag untuk segera mengeluarkan izin impor para pengusaha. Apabila ada persyaratan yang kurang dipenuhi oleh para importir, sebaiknya Kemendag transparan untuk memberikan informasi tersebut sehingga proses perizinan dapat berjalan lancar dan harga di dalam negeri bisa melandai.

"Kita tidak tahu apa masalahnya di sana, apakah ada kekurangan dokumen dan lain sebagainya. Itu kami tidak tahu, tapi sepanjang sudah lengkap dokumennya, kami dorong untuk segera," tandas Ketut.



Kementerian Pertanian memprediksi konsumsi bawang putih periode 2020-2024 meningkat 1,38% per tahun. Pada 2021, konsumsi bawang putih nasional diproyeksikan sebanyak 515,74 ribu ton, tetapi jumlah konsumsi diperkirakan sempat menurun menjadi 508,35 ribu ton pada 2022, dan akan kembali naik menjadi 517,93 ribu ton 2023 dan 526,77 ribu ton di tahun 2024.

(uka)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.5736 seconds (0.1#10.140)