Bacaan Tasbih Malaikat Jibril dan Keutamaannya

Selasa, 30 Mei 2023 - 17:04 WIB
loading...
Bacaan Tasbih Malaikat Jibril dan Keutamaannya
Inilah bacaan Tasbih Malaikat Jibril yang memiliki fadhilah agung. Foto/dok Channel relaxing & prayer
A A A
Terdapat suatu riwayat mengenai bacaan zikir Tasbih Malaikat Jibril. Bacaan Tasbih ini memiliki fadhilah luar biasa bagi yang mengamalkannya.

Bacaan Tasbih ini diijazahkan oleh Habib Muhammad Shulfi bin Abunawar Al-Aydrus. Beliau menukil riwayat dari Sayyid Al-Ajal Ali bin Thawus dari Abi Zahariah yang menceritakan tentang apa yang dialaminya.

"Pada suatu malam kami pernah melaksanakan sholat Isya di Masjid Baitul Maqdis. Setelah itu kami duduk-duduk dengan bersandar ke sebuah tiang di masjid itu. Kemudian khadim pengurus masjid itu mulai menutup pintu-pintu dan jendela masjid dan menguncinya. Kami dibiarkannya saja, tidak diusirnya sebagaimana kebiasaan yang dilakukannya saat mengunci masjid. Maka masjid harus dikosongkan terlebih dahulu agar tidak ada yang terkurung di situ.

Akhirnya kami pun tertidur. Kami terbangun oleh suatu suara asing. Yang akhirnya kami ketahui berasal dari suara sayap-sayapnya para Malaikat yang telah memenuhi masjid itu. Di antara mereka ada yang sangat dekat dengan kami.

Ketika kami terbangun, dia berkata kepada kami, "Apakah engkau manusia?" Kami menjawab: "Betul." Kemudian kami beritahu alasan-alasan kenapa kami sampai berada dan tertidur disitu. Malaikat itu berkata lagi: "Untukmu hal itu tidaklah menjadi suatu kesalahan bagimu."

Kemudian kami mendengar Malaikat yang berada di sebelah kanan mengucapkan Tasbih. Setelah itu yang di sebelah kiri juga mengucapkan ucapan yang sama. Maka kami memberanikan diri dan bertanya kepada malaikat yang berada didekat kami itu."

"Demi Yang memberi kalian kekuatan beribadah , siapakah yang mengucapkan Tasbih yang berada di sebelah kanan kami?" Malaikat itu berkata: "Dia adalah Jibril." Kemudian kami bertanya lagi siapa pula yang berada disebelah kiri kami. Dijawabnya: "Dia adalah Mikail."

Maka kami bertanya lagi padanya: "Demi yang memberi kalian kekuatan beribadah, apakah yang akan diperoleh bagi seseorang yang mengucapkan seperti yang kalian ucapkan itu?"

Maka Malaikat itu menjawab: "Barangsiapa mengucapkan seperti apa yang telah kami ucapkan itu setiap hari satu kali dan itu dilakukannya selama satu tahun, maka dia tidak akan mati sehingga dia melihat terlebih dahulu tempat yang telah disediakan untuknya di surga."

Inilah bacaan Tasbih yang dimaksud:

بسم الله الر حمن الرحيم
سبحان الدائم القائم
سبحان الواحد الاحد
سبحان الفرد الصمد
سبحان الحي القيوم
سبحان الحي الذي لا يموت
سبحان الله وبحمده
سبحان الملك القدوس
سبحان رب الملا ئكة والروح
سبحان العلي الاعلى
سبحانه وتعالى


Bismillaahirrahmaanirrahim.
Subhaanad-daa-imil Qoo-im,
Subhaanal waahidil Ahad,
Subhaanal fardhish-Shomad,
Subhaanal hayyil Qoyyuum,
Subhaanal hayyil ladzii laa yamuutu,
Subhaanallahi wa bihamdihi,
Subhaanal Malikil Quddus,
Subhaana Robbil Malaa-ikati war-ruuh,
Subhaanal 'Aliyyil A'laa,
Subhaanahu wa Ta'alaa.

Artinya:
Maha Suci Engkau Yang Maha melanggengkan/mengabadikan yang Berdiri Sendiri,
Maha Suci Engkau Yang Maha Esa,
Maha Suci Engkau Yang Tunggal yang menjadi tempat memohon,
Maha Suci Engkau Yang Hidup dan Berdiri Sendiri,
Maha Suci Engkau Yang Hidup dan Tidak akan Pernah Mati,
Maha Suci Engkau Ya Allah dan Segala Puji Bagi-Mu,
Maha Suci Engkau Yang Merajai dan Yang Maha Suci,
Maha Suci Engkau yang menjadi Tuhannya para Malikat dan Ruh,
Maha Suci Sang Maha Tinggi yang Luhur,
Maha Suci Dia Yang Maha Luhur dan Agung.

Syaikh Abi Zahariah melanjutkan ceritanya: "Ketika pagi harinya timbullah satu pikiran di benak kami, mungkin saja umur kami yang tertinggal sudah tidak mencukupi masa satu tahun. Mengingat hal itu maka kami ambil satu keputusan untuk tetap saja duduk dan membacanya sebanyak 360 kali sebanyak bilangan hari-hari dalam setahun. Setelah dia dapat kami selesaikan, malam berikutnya diperlihatkan Allah Ta'ala kepada kami tempat kami di surga. Benarlah apa yang telah dikatakan oleh Malaikat tersebut."

Begitu pula Syaikh Al-Juaini mengatakan, "Pada saat kami pergi untuk menunaikan ibadah Haji, kami bertemu dengan Ar-Rabii dan kami ceritakan tentang riwayat itu padanya. Kemudian pada musim haji tahun berikutnya kami berjumpa lagi. Dan dia berkata pada kami, "Saya sangat berterima kasih kepadamu atas riwayat yang telah engkau ceritakan kepada saya. Semoga Allah membalasnya untukmu dengan segala kebaikan. Saya telah mengucapkan apa yang engkau suruhkan kepada saya itu dan telah saya lihat tempat untuk saya di surga."

Dalam Kitab Tarikh Dimasyqo Ibnu Asakir disebutkan:

عَنْ أَبَانٍ ، عَنْ أَنَسٍ ، قَالَ : قَالَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ : " مَنْ قَالَ كُلَّ يَوْمٍ مَرَّةً : سُبْحَانَ الْقَائِمِ الدَّائِمِ , سُبْحَانَ الْحَيِّ الْقَيُّومِ ، سُبْحَانَ الْحَيِّ الَّذِي لا يَمُوتُ ، سُبْحَانَ اللَّهِ الْعَظِيمِ وَبِحَمْدِهِ ، سُبُّوحٌ قُدُّوسٌ رَبُّ الْمَلَائِكَةِ وَالرُّوحِ ، سُبْحَانَ رَبِّيَ الْعَلِيِّ الأَعْلَى ، سُبْحَانَهُ وَتَعَالَى ، لَمْ يَمُتْ حتى يَرَى مَكَانَهُ مِنَ الْجَنَّةِ أَوْ يُرَى لَهُ ، انْتَهَى

Dari Aban, dari Anas berkata, Rasulullah shollallahu 'alaihi wasallam bersabda: "Barangsiapa setiap hari membaca sekali kalimat: Subhaanal qoo-imid daa-im, Subhaanal hayyil qoyyuum, Subhaanal hayyil ladzii laa yamuut, Subhaanallaahil 'azhiimi wa bihamdih, Subbuhun quddusun Robbul Malaaikati war ruuh, Subhaana Robbiyal 'aliyyil a'laa, subhaanahu wa ta'aalaa. Maka tidak akan meninggal hingga melihat tempatnya di Surga atau diperlihatkan kepadanya.

Wallahu A'lam

(rhs)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2200 seconds (0.1#10.140)