Dibutuhkan Komitmen Bersama untuk Memacu Perekonomian Indonesia

Rabu, 01 Juni 2016 - 17:52 WIB
Dibutuhkan Komitmen Bersama untuk Memacu Perekonomian Indonesia
Dibutuhkan Komitmen Bersama untuk Memacu Perekonomian Indonesia
A A A
JAKARTA - Pakar manajemen dari Universitas Harvard, Robert Kaplan mengatakan, strategi nilai bersama (shared value) harus menawarkan manfaat ekonomi bagi semua pihak untuk dapat memperoleh dukungan berkelanjutan. Nilai-nilai shared value ini bisa menjadi dasar bagi pembangunan berkelanjutan dan terciptanya hubungan harmonis antara perusahaan, pemerintah dan masyarakat.

“Kesemuanya itu harus berpartisipasi dan berkontribusi jika manfaat-manfaat tersebut hendak dicapai. Jadi strategi shared value membutuhkan pemahaman dan komitmen bersama dari beberapa elemen,” paparnya saat "Executing Shared Value, Delivering Positive Impact in Indonesia” di Hotel Shangri-La Jakarta, Rabu (1/6/2016).

Shared value sendiri merupakan konsep dalam strategi bisnis yang menekankan pentingnya memasukkan masalah dan kebutuhan social dalam perancangan strategi perusahaan. Strategi ini merupakan pengembangan dari konsep tanggung jawab social perusahaan (corporate social responsibility).

Dalam konteks Indonesia sebagai negara berkembang, Kaplan menilai perlu melakukan strategi dengan pembentukan suatu pemahaman dan komitmen bersama dari berbagai pemangku kepentingan, guna memacu perekonomian nasional.

Karena itu, sambung dia, shared value memfasilitasi sektor publik dan organisasi swasta dalam menciptakan strategi yang memiliki dampak positif dan berkepanjangan. Selaras dengan Indonesia sebagai negara berkembang yang membutuhkan komitmen tinggi dari perusahaan, pemerintah, serta masyarakat.

Acara seminar yang dihadiri lebih dari 300 pemimpin bisnis dari perusahaan lokal dan multinasional, pemerintah, dan yayasan ini bertujuan membedah shared value yang terbukti menjadi kunci untuk strategi berkelanjutan yang berdampak positif bagi bisnis dan masyarakat.
(ven)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5661 seconds (0.1#10.140)