Ganjar Dorong Gen Z Terus Berinovasi Lestarikan Budaya Bangsa

Jum'at, 02 Juni 2023 - 13:30 WIB
loading...
Ganjar Dorong Gen Z Terus Berinovasi Lestarikan Budaya Bangsa
Gubernur Jateng Ganjar Pranowo mendorong Gen Z terus berinovasi mengembangkan ide kreatif dalam merawat seni budaya bangsa. FOTO/dok.SINDOnews
A A A
BOGOR - Gubernur Jawa Tengah (Jateng) Ganjar Pranowo mendorong generasi Z (Gen Z) terus berinovasi mengembangkan ide kreatif dalam merawat seni budaya bangsa sebagai tonggak pembangunan.

Hal itu disampaikan Ganjar usai menjadi keynote speaker dalam Sarasehan Kebangsaan bertajuk Budaya Jadi Akar dan Jati Diri Bangsa Besar, Percepatan Indonesia Maju dalam Keberagaman Budaya Bangsa.

"Maka tadi kita dorong aksesibilitas anak-anak muda, generasi Z, agar mereka punya akses untuk mengembangkan seni dan budaya yang ada," kata Ganjar di Puri Begawan, Bogor, Jawa Barat, Jumat (2/6/2023).



Ganjar mengatakan, pada acara tersebut, tokoh masyarakat, budaya, hingga komunitas sepakat bahwa banyak anak-anak bangsa yang masih sangat peduli terhadap kebudayaan bangsa.

Saat ini cukup banyak kesenian yang populer di kalangan Gen Z dan milenial. Mereka menghadirkan karya-karya terbaik yang kerap mempadukan budaya Indonesia dan kesenian modern.

Menurut Ganjar, hal tersebut adalah langkah awal yang baik bagi Gen Z untuk melestarikan sekaligus mengembangkan seni budaya bangsa. Ganjar mengatakan, Gen Z harus didukung penuh dalam hal itu.

"Dan itu tentu saja banyak grup-grup indie, di bidang musik, tari, patung, semuanya lah yang ada perlu mendapatkan akses yang bagus. Ternyata banyak yang sepakat untuk itu," kata Ganjar.

Dia berharap, keterlibatan anak muda dalam merawat kebudayaan Indonesia ini semakin banyak. Dengan begitu, bangsa Indonesia yang memiliki kepribadian dalam kebudayaan semakin terlihat.

"Maka dalam dunia digital itu rasa-rasanya memang pemerintah mesti lebih adaptif untuk memahami suasana kebatinan anak generasi Z," kata Ganjar.



Sebagai informasi, Ganjar terus berupaya melestarikan budaya selama memimpin Jateng. Salah satunya dengan mewajibkan seluruh ASN mengenakan pakaian adat Nusantara setiap Kamis minggu ke-4.
(nng)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2082 seconds (0.1#10.140)