Pelindo III Prediksi Arus Mudik Balik Mencapai 140.000 Penumpang

Selasa, 14 Juni 2016 - 06:18 WIB
Pelindo III Prediksi Arus Mudik Balik Mencapai 140.000 Penumpang
Pelindo III Prediksi Arus Mudik Balik Mencapai 140.000 Penumpang
A A A
SURABAYA - Menjelang Idul Fitri, arus penumpang di Pelabuhan Tanjung Perak mulai mengalami peningkatan. PT Pelabuhan Indonesia (Pelindo) III bersiap untuk menyambut kedatangan penumpang, karena diprediksi akan mengalami kenaikan cukup besar dibandingkan tahun lalu.

Kepala Humas PT Pelindo III, Edi Priyanto mengatakan, jumlah kenaikan diprediksi akan berlangsung dalam minggu akhir Ramadhan. Saat ini, Pelindo III telah melakukan antisipasi dalam menangani arus lebaran. “Tahun 2014 jumlah penumpang yang naik dan turun di Pelabuhan Tanjung Perak sebanyak 149.583, jumlah ini naik tahun 2015 menjadi 164.987 penumpang. Jumlah ini diprediksi bakal mengalami kenaikan,” katanya.

Saat ini, tanda-tanda kenaikan arus penumpang menjelang Idul Fitri mulai terlihat. Pada bulan Mei 2016, tercatat penumpang mencapai 31.488 orang. Sedangkan bulan sebelumnya, yakni bulan April 2016 hanya mencapai 22.969 orang. “’Kenaikannya mencapai 37% dari bulan sebelumnya,” kata Kepala Humas PT Pelabuhan Indonesia III (Persero) Cabang Tanjung Perak, Oscar Yogi Yustiano, Senin (13/6/2016).

Dengan perincian itu, arus penumpang yang turun atau debarkasi di Pelabuhan Tanjung Perak pada bulan Mei 2016 mencapai 19.115 orang. Sedangkan penumpang yang naik atau embarkasi pada bulan Mei 2016 mencapai 12.373 orang. “Jumlah ini diperkirakan akan terus meningkat sebagaimana tren arus mudik dan balik tahun sebelumnya. Arus mudik dan balik tahun sebelumnya bisa lebih dari 140 ribu penumpang,” tambah Yogi.

Pelindo III Pelabuhan Tanjung Perak saat ini telah melakukan upaya persiapan-persiapan yang diperlukan untuk menyambut arus mudik dan balik di Pelabuhan Tanjung Perak. Diantaranya berkoordinasi dengan instansi terkait, seperti Kantor Otoritas Pelabuhan Utama Pelabuhan Tanjung Perak, Kantor Kesyahbandaran Utama Pelabuhan Tanjung Perak, Kepolisian KP3, Kantor Kesehatan Pelabuhan dan Operator Pelayaran serta instansi lainnya, menambah tenda tambahan serta mendirikan poskotis (pos komando taktis) untuk memberikan pelayanan kepada para penumpang, yang beroperasi mulai H-18 dan H+17.

Catatan Pelindo, arus kapal penumpang pada bulan Mei 2016 ini mencapai 183 kapal penumpang yang berasal dari enam operator, yakni PT PELNI (Persero) memilik enam kapal, PT Dharma Lautan Utama memiliki 10 kapal, PT Jembatan Nusantara memiliki dua kapal, PT Antosim memiliki tiga kapal, PT Gerbang Samudera Sarana memiliki satu kapal, PT Gelora Kaltim memiliki satu kapal, PT Berlian Lautan Sejahtera memiliki satu kapal. “Kapal-kapal tersebut memiliki rute ke wilayah Kalimantan dan Sumatera serta Papua,” papar dia.

Disamping itu, Pelindo III Pelabuhan Tanjung Perak telah menyiapkan Terminal Penumpang Gapura Surya Nusantara (GSN), Terminal Penumpang Sementara dan Terminal Ro-Ro untuk menyambut arus mudik maupun balik yang dapat menampung sekitar 6.000 penumpang.

“Terminal GSN merupakan salah satu terminal terbaik di Indonesia karena merupakan terminal penumpang modern berkonsep ramah lingkungan pertama di Indonesia. Di sini akan lebih nyaman,’’ ujarnya.

Terminal ini lanjut Yogi, memiliki fasilitas seperti bandara karena memiliki ruang tunggu eksekutif ber-AC, check in counter dan fasilitas pengamanan yang dilengkapi dengan x-ray. “Harapan kami, para penumpang dapat merasa nyaman dan aman di Pelabuhan Tanjung Perak,’’ katanya.

Lebih lanjut, Yogi, mengimbau agar para penumpang membeli tiket kapal laut di loket-loket resmi yang telah disediakan oleh operator pelayaran bukan melalui calo. Hal ini penting karena untuk menjamin perjalanan para penumpang berjalan dengan baik dan lancar. Selain itu akan meminimalisasi munculnya calo di Pelabuhan Tanjung Perak.
(ven)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.0743 seconds (0.1#10.140)