Penjualan Eceran Pada Juli di Prediksi Meningkat

Selasa, 14 Juni 2016 - 02:18 WIB
Penjualan Eceran Pada Juli di Prediksi Meningkat
Penjualan Eceran Pada Juli di Prediksi Meningkat
A A A
JAKARTA - Bank Indonesia (BI) memprediksi penjualan eceran pada bulan Juli meningkat seiring dengan naiknya permintaan masyarakat. Optimisme tersebut antara lain didorong oleh meningkatnya permintaan masyarakat seiring dengan perayaan hari raya Idul Fitri dan musim libur sekolah.

"Sementara penjualan eceran pada Oktober 2016 diperkirakan mengalami perlambatan," kata Direktur Eksekutif Departemen Komunikasi BI, Tirta Segara di Jakarta, Senin (13/6/2016).

Bukan hanya penjualan eceran lanjut Tirta, tekanan kenaikan harga pada Juli 2016 juga diprediksi meningkat dibandingkan bulan sebelumnya. Berdasarkan survei BI, indikasi ini terlihat dari Indeks Ekspektasi Harga (IEH) sebesar 148 lebih tinggi dari 139,7 pada bulan sebelumnya.

Menurut Tirta, meningkatnya tekanan kenaikan harga di Juli seiring dengan meningkatnya permintaan masyarakat menjelang perayaan hari raya Idul Fitri dan musim liburan. Sedangkan kenaikan harga di Oktober 2016 diperkirakan melambat dibandingkan bulan sebelumnya. Sisi lain, BI juga mencatat penjualan eceran pada April 2016 tumbuh melambat dibandingkan bulan sebelumnya.

Hal tersebut tercermin dari Indeks Penjualan Riil (IPR) April 2016 sebesar 196,6 atau tumbuh 10,4%. Pertumbuhan angka ini lebih rendah dibandingkan dengan penjualan eceran pada Maret 2016 dari 11,1%.

"Perlambatan penjualan riil terjadi pada beberapa kelompok barang dengan penurunan pertumbuhan terbesar terjadi pada beberapa barang lainnya yang disebabkan oleh penurunan penjualan produk sandang," jelas Tirta.

Dia melanjutkan, perlambatan pertumbuhan penjualan eceran pada April juga terjadi pada penjualan kelompok makanan. Sementara pertumbuhan penjualan non makanan secara keseluruhan meningkat. Peningkatan pertumbuhan penjualan non makanan terutama terjadi pada kelompok barang budaya dan rekreasi, didorong oleh peningkatan penjualan produk mainan anak dan olah raga.

"Selain itu, kelompok suku cadang dan aksesoris juga mengalami peningkatan pertumbuhan pada April 2016," pungkasnya. Kedepan, diprediksi pertumbuhan penjualan eceran akan tumbuh sebesar 11,3%.

Peningkatan penjualan eceran pada Mei 2016 diperkirakan terjadi pada beberapa kelompok barang dengan pertumbuhan tahunan tertinggi pada kelompok peralatan informasi dan komunikasi, diikuti dengan kelompok perlengkapan rumah tangga lainnya.

"Beberapa komoditas lain juga mencatat pertumbuhan penjualan positif, yaitu kelompok suku cadang dan aksesoris, serta kelompok makanan, minuman, dan tembakau," tutup dia.
(ven)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6506 seconds (0.1#10.140)