alexametrics

Pemerintah Rilis Samurai Bonds 100 Miliar Yen

loading...
Pemerintah Rilis Samurai Bonds 100 Miliar Yen
Pemerintah Indonesia menerbitkan Samurai Bonds senilai 100 miliar yen. (Foto: Istimewa)
A+ A-
JAKARTA - Pemerintah Indonesia kembali sukses menerbitkan Surat Utang Negara (SUN) dalam valuta asing berdenominasi yen Jepang (Samurai Bonds) dengan 2 (dua) seri yaitu RIJPY0619 dan RIJPY0621 pada 15 Juni 2016 sebanyak JPY (yen Jepang) 100 miliar.

Seperti dikutip dari laman Direktorat Jenderal Pengelolaan Pembiayaan dan Risiko Kementerian Keuangan, Rabu (15/6/2016), penerbitan ini memiliki dua tenor: nominal JPY62,0 miliar untuk tenor tiga tahun berbunga 0,83% dan JPY38,0 miliar untuk tenor lima tahun berbunga 1,16%.

Penerbitan dan setelmen kedua seri Samurai Bonds akan dilakukan pada tanggal 21 Juni 2016. Joint Lead Arrangers dalam transaksi ini adalah Mitsubishi UFJ Morgan Stanley Securities Co., Ltd., Mizuho Securities Co., Ltd dan SMBC Nikko Securities Inc.



Samurai Bonds ini diterbitkan dengan format ”private placement” (shibosai) dengan target Japanese qualified institutional investors (QII) dan kurang dari 50 investor non-QII (general investors).

Penerbitan ini merupakan penerbitan dual-tranche pertama tanpa menggunakan Japan Bank for International Cooperation (JBIC) Guaranteed. Penerbitan kali ini mencapai penawaran dengan jumlah nominal sesuai benchmark dan menghasilkan diversifikasi investor yang beragam di pasar modal Jepang.

Penerbitan ini memperoleh respon investor Jepang yang cukup besar ditandai dengan adanya sejumlah investor baru. Permintaan terbesar umumnya berasal dari sektor perbankan pusat dan regional, shinkins/community bank, dana publik/public funds, asuransi jiwa dan asset manager.

Hadirnya investor baru dan tingginya minat investor regional menandakan strategi Pemerintah untuk memperluas basis investor global berjalan dengan baik. Hal ini menunjukkan komitmen Pemerintah untuk hadir secara berkelanjutan di pasar modal Jepang.
(ven)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak