Resmikan Industrial Park di Kepri, Airlangga: Dorong Ekonomi dan Rantai Pasok Global

Senin, 05 Juni 2023 - 19:07 WIB
loading...
Resmikan Industrial Park di Kepri, Airlangga: Dorong Ekonomi dan Rantai Pasok Global
Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto secara resmi membuka grand opening enam pabrik di Wiraraja Industrial Park, di Bintang, Batam, Kepulauan Riau, Senin (5/6/2023). FOTO/dok.SINDOnews
A A A
BATAM - Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto secara resmi membuka grand opening enam pabrik di Wiraraja Industrial Park, di Bintang, Batam, Kepulauan Riau, Senin (5/6/2023). Adapun acara tersebut menjadi salah satu momen penting bagi Indonesia dalam upaya pemulihan ekonomi pasca pandemi Covid-19.

"Keberhasilan ini menjadi bukti Indonesia telah mampu mengatasi dampak pandemi dengan baik," kata Airlangga melalui pernyataan resmi.

Airlangga menyatakan Indonesia telah berhasil menjadi salah satu negara anggota G20 yang paling sukses dalam pemulihan ekonomi. Dalam sambutannya, Airlangga mengungkapkan bahwa pertumbuhan ekonomi Indonesia pada kuartal pertama tahun ini mencapai 6,9%, jauh di atas rata-rata pertumbuhan negara-negara G20 lainnya yang hanya sebesar 5%.



Selain itu, Airlangga berharap agar Kepulauan Riau ikut mengalami kebangkitan ekonomi dengan menargetkan pertumbuhan yang lebih baik, salah satunya di sektor pariwisata. Jumlah kunjungan wisatawan ke Kepulauan Riau ditargetkan meningkat dari 800 ribu orang tahun lalu menjadi 2,9 juta orang pada tahun ini.

Dalam upaya mengatasi inflasi, Indonesia juga berhasil menurunkan tingkat inflasi dari 4,3% menjadi 4% pada April lalu. "Sementara negara-negara lain masih berjuang melawan inflasi, Indonesia justru berhasil mengendalikan inflasi dengan baik," ujar Airlangga.

Target inflasi tahun ini adalah 3%, dengan toleransi plus minus 1%, dan target tersebut sesuai dengan Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN), bisaa dikatakan telah tercapai. Secara perdagangan, Indonesia telah mencatat surplus selama 36 bulan berturut-turut.

Pada April lalu, surplus perdagangan Indonesia mencapai USD3,94 miliar. Namun, Purchase Manager Index (PMI) saat ini mengalami penurunan menjadi 50,3 akibat ketidakpastian perekonomian global.

Sementara, untuk Investasi seperti di Wiraraja Industrial Park ini telah mencapai USD800 juta atau sekitar Rp12 triliun dengan menciptakan lapangan kerja untuk 13 ribu orang. Banyak perusahaan juga telah berinvestasi di area industri perdagangan bebas ini.

"Di samping itu, saat ini sedang dilakukan hilirisasi pasir silica di area industri ini, yang membutuhkan energi yang besar, perlindungan lingkungan yang baik, serta pasar yang baik," jelasnya.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1391 seconds (0.1#10.140)