Bertemu Menbudpar Uzbekistan, Sandiaga Uno Bahas Prasasti Soekarno

Rabu, 07 Juni 2023 - 08:29 WIB
loading...
Bertemu Menbudpar Uzbekistan, Sandiaga Uno Bahas Prasasti Soekarno
Menparekraf Sandiaga Salahuddin Uno (kanan) melakukan pertemuan dengan Menbudpar Republik Uzbekistan Ozodbek Nazarbekov Ahmadovich, di Uzbekistan, Selasa (6/6/2023). Foto/Ist
A A A
JAKARTA - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) RI Sandiaga Salahuddin Uno dalam kunjungan kerjanya ke Uzbekistan melakukan pertemuan dengan Menteri Kebudayaan dan Pariwisata (Menbudpar) Republik Uzbekistan, Ozodbek Nazarbekov Ahmadovich, Selasa (6/6).

Dalam pertemuan yang berlangsung di Kementerian Uzbek Tashkent, keduanya saling bertukar topi sebagai tanda peningkatan kerja sama bilateral antar dua negara di bidang pariwisata.

Adapun Sandiaga memberikan kopiah khas Indonesia kepada Menbudpar Uzbekistan tersebut. Sebaliknya, Ozodbek juga memberikan Sandiaga Uno sebuah topi khas Uzbekistan.

"Alhamdulillah tadi kita sudah menyelesaikan pertemuan bilateral dengan Menteri Pariwisata Uzbekistan didampingi pak Dubes dan pak Deputi serta pak Direktur," ungkap Sandiaga, dikutip Rabu (7/6/2023).

Menurut dia, ada sejumlah rencana kerja sama yang disepakati antara kedua belah pihak, baik Indonesia maupun Uzbekistan.
"Kami menyepakati bahwa beberapa rencana kerja ke depan yang paling dirasa penting adalah menghidupkan kembali semangat persahabatan antara Uzbekistan dan Indonesia yang digelorakan oleh presiden pertama kita, bapak proklamator kita yaitu Bung Karno," tuturnya.

Salah satu kerja sama tersebut, kata Sandiaga, adalah pembuatan prasasti Presiden pertama Indonesia Soekarno di salah satu masjid yang sempat disinggahi Bung Karno di kota Tashkent, Uzbekistan.

"Salah satu tadi yang saya titipkan adalah keinginan untuk membuat satu momentum sebuah tanda prasasti di masjid Tilla Shayx yang didirikan pada 1902. Pada tahun 1956, Bung Karno singgah dan sembahyang di sana," ungkap Sandiaga Uno.

Kisah Soekarno tersebut, kata Sandiaga, menjadi bukti eratnya persahabatan Indonesia dengan sejumlah negara Eropa Timur. Jejak peninggalan Soekarno itu diharapkan Sandiaga dapat diabadikan lewat sebuah prasasti Sang Proklamator.

"Ini mesjid tempat bapak Proklamasi, Soekarno pernah salat ketika berkunjung ke Uni Soviet. Di masjid ini, Bapak Soekarno menginisiasi pencarian makam Iman Bukhori yang akhirnya ditemukan di Samarkhan, Uzbekistan," bebernya.

Oleh karena itu, Menparekraf berharap pemerintah Uzbekistan dapat membangun sebuah prasasti bagi Sang Proklamator Indonesia di komplek masjid tersebut.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2277 seconds (0.1#10.140)