UMKM Sudah, Giliran Korporasi Dapat Jaminan Kredit Modal Kerja

Jum'at, 24 Juli 2020 - 13:49 WIB
loading...
UMKM Sudah, Giliran Korporasi Dapat Jaminan Kredit Modal Kerja
Pemerintah akan memperluas penyaluran jaminan kredit modal kerja tak hanya bagi UMKM tapi juga bagi korporasi swasta. Foto/Ilustrasi
A A A
JAKARTA - Pemerintah akan mengumumkan perluasan pemberian kredit modal kerja pada pekan depan. Tidak lagi hanya bagi usaha mikro kecil dan menengah, tapi juga terhadap sektor korporasi swasta.

Kepala Badan Kebijakan Fiskal (BKF) Kementerian Keuangan Febrio Nathan Kacaribu mengatakan, pemberian kredit modal kerja bagi industri menengah atas itu akan diumumkan langsung Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati.

"Nah minggu depan akan di-launch, memperluas jaminan kredit modal kerja yang tadinya (hanya) UMKM ini akan dikucurkan juga ke korproasi," kata Febrio dalam diskusi virtual di Jakarta, Jumat (24/7/2020).

(Baca Juga: Hore, OJK Prediksi Kredit Kembali Pulih di Kuartal III)

Dia mengatakan, kredit modal kerja itu akan diberikan bagi perusahaan yang meminjam di atas Rp10 miliar ke atas dengan target penyaluran mencapai Rp100 triliun. Program itu akan diberikan hingga 18 bulan ke depan. "Sampai akhir 2021 harapan kita ini akan banyak di 2020 kita dorong sektor usaha, perbankan, memanfaatkan ini secepat mungkin," tandasnya.

Menurut Febrio, program itu diperluas karena minat pengusaha terhadap program kredit modal kerja jilid I, yakni terhadap UMKM sangat besar. Belum satu bulan di luncurkan, dikatakannya pengajuan kredit itu telah mencapai Rp31 triliun.

"Ini sangat besar animonya. Penjaminan kredit modal kerja UMKM itu di pipeline yang disiapkan perbankan untuk Rp31 triliun kredit modal kerja baru. Ini akan ciptakan kredit modal kerja baru, lumayan besar untuk Juli," tandasnya.
(fai)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1087 seconds (0.1#10.140)