Menpora Dito: Prestasi ASEAN Para Games 2023 Bantu Pembangunan Olahraga Disabilitas di Indonesia

Kamis, 08 Juni 2023 - 20:37 WIB
loading...
Menpora Dito: Prestasi ASEAN Para Games 2023 Bantu Pembangunan Olahraga Disabilitas di Indonesia
Menpora Dito bersama atlet ASEAN Para Games 2023. Foto: Kemenpora
A A A
JAKARTA - Menteri Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia ( Menpora RI ) Dito Ariotedjo menyebutkan bahwa prestasi yang diraih, pemecahan rekor, dan sejarah yang tercipta di ASEAN Para Games 2023 akan menjadi modal penting dan membangkitkan semangat untuk pengembangan olahraga disabilitas di Indonesia di masa depan.

"Dalam ASEAN Para Games 2023, pencapaian medali ini merupakan yang terbaik dan luar biasa. Selain berhasil meraih medali emas terbanyak sebagai tuan rumah, kita juga meraih jumlah medali perak dan perunggu terbanyak. Momentum ini sangat penting dan memberikan energi yang dibutuhkan oleh Indonesia dalam memajukan olahraga menjadi lebih baik dan lebih maju," ujar Menpora Dito dalam jumpa pers di Head Quarter Indonesia Morodok Techo National Stadium, Kamis (8/6/2023).



"Kami meraih gelar juara umum yang luar biasa, dan dalam ASEAN Para Games ini, tim Indonesia berhasil memecahkan 15 rekor, dengan 4 rekor di nomor angkat berat dan 11 rekor di nomor renang. Ini merupakan kemajuan yang luar biasa dan membanggakan bagi perkembangan paralimpiade Indonesia," tambah Menpora dengan bangga.

Secara khusus, Menpora Dito mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah mendukung upaya kontingen Indonesia sehingga berhasil meraih gelar juara umum ASEAN Para Games ke-12 di Kamboja.

"Saya, sebagai perwakilan pemerintah, ingin mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada NPC Indonesia, CdM, dan semua pihak yang telah memberikan dukungan, seperti Bayan Resources, yang telah mempercayai dan mendukung kami dalam meraih prestasi tinggi di tingkat Asia Tenggara serta memecahkan rekor," ucap Menpora Dito.

"Perolehan medali emas terbanyak yang dicapai dalam ASEAN Para Games yang kita ikuti di luar negeri sebagai tuan rumah, merupakan tonggak sejarah. Saya merasa sangat bahagia karena dalam SEA Games dan APG 2023, tim kita berhasil meraih banyak prestasi, memecahkan rekor, dan menciptakan sejarah," pungkas Menpora Dito.

CdM Kontingen Indonesia, Andi Herman, menyebut semangat untuk meraih gelar juara umum ASEAN Para Games 2023 menjadi motivasi bagi para atlet untuk meraih prestasi dan mencetak sejarah baru.

"Tentu saja, prestasi ini adalah hasil dari kerja keras yang dimulai sejak pelatnas di bawah kepemimpinan Ketum NPC Indonesia, Pak Senny Marbun. Kami memiliki tekad untuk mempertahankan gelar juara umum ini karena kami ingin menciptakan sejarah baru, yaitu hat-trick gelar juara umum," ujarnya.

"Hatrick ini juga yang menginspirasi para atlet sehingga mereka banyak melakukan capaian prestasi. Hari ini sudah kita dapat sementara per pukul 17.00 WIB, 133 medali emas, 122 perak dan 76 perunggu atau sekitar 28% medali emas dari jumlah medali emas yang ada," kata Andi.

Indonesia masih memiliki peluang esok hari untuk menambah perolehan medali diantaranya dari cabang olahraga para bulutangkis.

"Esok masih ada pertandingan lagi dan masih ada peluang untuk mendapatkan setidaknya 10 medali emas. Sehingga kita harap bisa membawa pulang 140-150 medali emas. Tentu ini menjadi kebanggaan bersama dan sejarah pemecahan rekor," pungkasnya.
(sto)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1523 seconds (0.1#10.140)