11 Pekerjaan Mengejutkan Bergaji Lebih Rp1 Miliar/Tahun

Rabu, 13 Juli 2016 - 17:56 WIB
11 Pekerjaan Mengejutkan Bergaji Lebih Rp1 Miliar/Tahun
11 Pekerjaan Mengejutkan Bergaji Lebih Rp1 Miliar/Tahun
A A A
CALIFORNIA - Bekerja adalah hakikat manusia. Selama manusia hidup, ia harus bekerja untuk melangsungkan kehidupannya. Definisi melangsungkan hidup tentu bermacam-macam, tetapi tidak lepas dari urusan gaji. Beberapa orang bekerja untuk mendapat gaji ‘besar’ alias setimpal dengan usahanya.

Namun Anda tidak harus bekerja di bursa saham untuk memperoleh gaji besar. Melansir CNBC, Rabu (13/7/2016), ada beberapa pekerjaan yang tidak diduga menghasilkan gaji hingga di atas USD100.000 setahun alias Rp1,3 miliar (estimasi kurs Rp13.076/USD).

Menariknya, pekerjaan tersebut kurang dikenal oleh masyarakat luas. Survei yang dilakukan Glassdoor--situs pencari pekerjaan--berdasarkan penelitian terhadap ratusan ribu laporan gaji dari karyawan yang berbasis di Amerika Serikat selama dua tahun. Hasil survei mengidentifikasi 11 pekerjaan dimana Anda bisa mendapatkan lebih dari USD100.000 per tahun.

1. Insinyur reservoir
Median gaji tahunan: USD143.000 (Rp1,86 miliar)
Insinyur reservoir adalah pekerjaan yang memperkirakan jumlah minyak dan gas yang dapat diambil dari tempat terakumulasinya minyak dan gas (reservoir). “Insinyur reservoir mencoba untuk mengambil jumlah maksimum energi tanpa over-penyadapan reservoir,” tulis Glassdoor. Dalam rangka untuk mengisi peran ini, profesional perlu gelar dalam teknik kimia ditambah pengalaman dalam bidang yang sangat teknis.

2. Software arsitek
Median gaji tahunan: USD139.000 (Rp1,81 miliar)
Jika Anda ingin kode, datanglah ke software arsitek. Pekerjaan ini bisa membuat uang besar dan menurut Biro Statistik Tenaga Kerja AS, permintaan terhadap profesi ini sangat tinggi. Sebagian perlu gelar sarjana dalam matematika atau rekayasa perangkat lunak dan harus tahu bagaimana bekerja dengan baik dengan orang lain.

3. Pilot
Median gaji tahunan: USD134.000 (Rp1,75 miliar)
Profesi pilot bukan sekadar ‘supir’ pesawat, melainkan harus menjadi manajer berpengalaman dan komunikator cerdas yang nyaman dengan jadwal non-standar (di luar jam kerja pegawai kantoran). Pilot komersial biasanya memiliki gelar sarjana, sertifikasi Airline Transport Pilot dan Federal Aviation Administration.

4. Dokter gigi
Median gaji tahunan: USD129.968 (Rp1,68 miliar)
Sebelum mendapatkan lisensi, calon harus memiliki gelar sarjana dalam pra-kedokteran gigi atau lapangan ilmiah, skor baik pada Dental Acceptance Test dan menyelesaikan gelar dokter dalam operasi gigi.

5. Agen khusus
Median gaji tahunan: USD125.000 (Rp1,63 miliar)
Profesi ini bukan hanya rekaan dalam film melainkan nyata. Menjadi agen khusus adalah pekerjaan dengan adrenalin tinggi. Anda bisa bekerja di sebuah organisasi pemerintah atau sebuah perusahaan swasta. Calon biasanya memiliki latar belakang penegakan hukum atau pengalaman militer bersama dengan gelar sarjana dalam peradilan pidana. Jam kerja non-tradisional dan panggilan setiap saat adalah bagian dari permainan yang harus dijalani.

6. Geofisika
Median gaji tahunan: USD119.380 (Rp1,55 miliar)
Jika Anda sudah selalu tertarik di alam, pekerjaan ini bisa untuk Anda. Ahli geofisika menggunakan alat seismik, listrik dan magnetik untuk mempelajari bumi.

7. Insinyur pengeboran
Median gaji tahunan: USD116.500 (Rp1,51 miliar)
Insinyur pengeboran dapat memiliki karier yang menguntungkan dalam minyak, gas atau pengeboran air. Pekerjaan ini memerlukan gelar sarjana dalam minyak bumi atau teknik mesin. “Kandidat harus menjadi komunikator yang baik dan memiliki pengalaman di lapangan,” ungkap Glassdoor.

8. Regional sales executive
Median gaji tahunan: USD103.500 (Rp1,35 miliar)
Salah satu profesi yang banyak dicari perusahaan untuk menjual produk mereka. “Regional sales executive adalah komunikator primadona untuk menciptakan peluang menghasilkan uang,” tulis laporan tersebut. Mereka juga harus bisa mengembangkan bisnis dan memperluas basis pelanggan perusahaan.

9. Praktisi keperawatan
Median gaji tahunan: USD101.600 (Rp1,32 miliar)
Bila menjadi dokter susah untuk Anda, mungkin Anda bisa menggeser cita-cita menjadi praktisi perawat. Praktisi perawat memenuhi syarat untuk melakukan pemeriksaan fisik, mengobati luka umum dan penyakit, juga meresepkan beberapa obat. Namun, mereka memiliki setidaknya gelar master dalam keperawatan dan sertifikasi tambahan.

10. Asisten dokter
Median gaji tahunan: USD100.392 (Rp1,31 miliar)
Sebuah asisten dokter bekerja di bawah pengawasan seorang dokter untuk memberikan layanan medis dan bedah. Tidak seperti dokter, asisten dokter tidak harus mengkhususkan diri dalam satu bidang kedokteran dan memiliki persyaratan pendidikan secara signifikan lebih rendah atau setara. Permintaan untuk asisten dokter tinggi di daerah pedesaan di AS yang menghadapi kekurangan dokter.

11. Equity research associate
Median gaji tahunan: USD100.000 (Rp1,30 miliar)
Rekan penelitan ekuitas tugasnya menganalisa dan melaporkan tren keuangan. Glassdoor menulis profesi ini sebagai pemberi kegembiraan dan manfaat bagi perbankan dan manajemen investasi, karena menghasilkan informasi penting. Kandidat biasanya memiliki gelar sarjana bidang keuangan, ekonomi atau bidang yang sama.
(ven)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.2855 seconds (0.1#10.140)