IKN Nusantara Dipastikan Punya Gedung DPR, Anggota Dewan Siap-siap Pindah

Selasa, 13 Juni 2023 - 20:49 WIB
loading...
IKN Nusantara Dipastikan Punya Gedung DPR, Anggota Dewan Siap-siap Pindah
Kementerian PUPR memastikan bahwa Gedung DPR akan dibangun di Ibu Kota Nusantara (IKN). Foto/Dok
A A A
JAKARTA - Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat ( PUPR ) memastikan bahwa Gedung Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) akan dibangun di Ibu Kota Nusantara ( IKN ). Direktur Jenderal Cipta Karya, Diana Kusumastuti menjelaskan, bahwa saat ini pembangunan gedung DPR masih dalam perencanaan pembangunan.

"Masih perencanaan sekarang, basic desain kemarin sudah kita sayembarakan. Setelah sayembara, kita lanjuti dengan buat basic desain," kata Diana saat ditemui di Gedung DPR RI, Jakarta, Selasa (13/6/2023).



Diana juga menerangkan, bahwa sayembara tersebut telah dilakukan dan sudah ada pemenang untuk kemudian langkah selanjutnya akan dilakukan proses lelang. Dia mengatakan, proses lelang tidak akan dilakukan pada tahun ini melainkan setelah 2024.

"Setelah basic design baru nanti kita lelangkan dengan design and build tapi tidak tahun 2024, melainkan setelah tahun 2024, karena dananya belum ada," katanya.



Di tempat yang sama, Direktur Jenderal Perumahan Kementerian PUPR, Iwan Suprijanto menjelaskan bahwa komplek perumahan DPR di IKN juga akan dibuat. Dia mengutarakan, proses pembangunan komplek perumahan tersebut akan dilakukan pada tahap II pembangunan IKN.

"Ya itu jelas dibangun dan pembangunan akan dilakukan tahap II (2025-2029)," katanya.

Sebelumnya, Menteri PUPR Basuki Hadimuljono menargetkan pembangunan gedung DPR di IKN dimulai pada tahun 2024. "Mudah-mudahan pada tahun 2024 siap mulai dibangun gedung DPR di IKN," ujar Basuki dikutip dari Antara.
(akr)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1669 seconds (0.1#10.140)