alexametrics

DKI Jakarta Paling Besar Tahan Dana APBD di Bank

loading...
DKI Jakarta Paling Besar Tahan Dana APBD di Bank
Presiden Jokowi membeberkan 10 provinsi di Indonesia yang selama ini paling banyak menahan dana Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) di bank/Ilustrasi
A+ A-
JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) membeberkan 10 provinsi di Indonesia yang selama ini paling banyak menahan dana Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) di bank‎. DKI Jakarta berada di urutan paling pertama, provinsi yang banyak mengendapkan dananya tersebut di bank.

Jokowi menyebutkan, dana tersebut seharusnya dikeluarkan agar terjadi perputaran uang di masyarakat. Namun, DKI Jakarta justru menyimpan uangnya hampir Rp13,9 triliun di bank.

"‎Saya hanya ingin memberikan angka yang tadi saya sampaikan. Ini 10 terbesar provinsi yang menyimpan dananya di bank. Kita mulai buka-bukaan. Pak Ahok (Gubernur DKI Jakarta) duitnya emang gede, tapi nyimpannya juga gede. Masih ada Rp13,9 triliun, ini harus dikeluarkan," katanya di Hotel Sahid, Jakarta, Kamis (4/8/2016).



(Baca Juga: Angka Pertumbuhan Ekonomi dan Inflasi Jadi Sarapan Pagi Jokowi)

Selain Jakarta, sambung mantan Gubernur DKI Jakarta ini, provinsi Jawa Barat juga banyak menyimpan dana APBD nya dengan jumlah Rp8,03 triliun, dan provinsi Jawa Timur berada di posisi ketiga penyimpan dana APBD terbesar di bank dengan jumlah Rp3,9 triliun.

"‎Tolong ini segera dikeluarkan agar segera beredar di masyarakat. Tapi ikuti prosedur jangan main keluarkan saja. Bukan seperti itu," imbuh dia.

Menurutnya, tertahannya dana APBD di bank akan membuat surat utang yang harus diterbitkan pemerintah semakin besar. Jokowi menekankan agar pemerintah daerah mulai menerapkan manajemen yang ketat, mengingat kondisi global yang belum membaik.

"‎Kalau sudah blak-blakan gini gimana rasanya. Sekarang sudah blak-blakan. Saya sudah dibisikin Menkeu, pak diungkap saja pak. Ya diungkap. Dan sesuai yang saya sampaikan tahun lalu, bahwa nanti kalau simpanan masih seperti ini, beberapa kabupaten dan kota kan sudah kita terbitkan surat utang, kalau masih gede seperti ini ya surat utang akan tambah banyak," tandasnya.

Berikut 10 provinsi yang paling banyak mengendapkan dana APBD di bank:

1. ‎DKI Jakarta Rp13,9 triliun
2. Jawa Barat Rp8,03 triliun
3. Jawa Timur Rp3,9 triliun
4. Riau Rp2,86 triliun
5. Papua Rp2,59 triliun
6. Jawa Tengah Rp2,46 triliun
7. Kalimantan Timur Rp1,57 triliun
8. Banten Rp1,52 triliun
9. Bali Rp1,4 triliun
10. Aceh Rp1,4 triliun.
(akr)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak