alexametrics

Jokowi Minta Pemda Tidak 'Pelit' Gelontorkan Dana APBD

loading...
Jokowi Minta Pemda Tidak Pelit Gelontorkan Dana APBD
Presiden Jokowi mendesak agar pemerintah daerah (pemda) baik provinsi, kabupaten, atau kota untuk segera mengeluarkan APBD kepada masyarakat/Ilustrasi
A+ A-
JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) meminta agar pemerintah daerah (pemda) baik provinsi, kabupaten, atau kota untuk segera mengeluarkan Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) kepada masyarakat. Pasalnya, jika uang tersebut berputar di masyarakat maka akan dapat menggerakkan roda perekonomian di Tanah Air.

(Baca Juga: DKI Jakarta Paling Besar Tahan Dana APBD di Bank)

Dia menegaskan, pemerintah daerah harus mengeluarkan anggaran sejak awal tahun. Bahkan, mantan Gubernur DKI Jakarta ini meminta agar anggaran di keluarkan sejak Januari setiap tahunnya.



"‎Segera keluarkan itu anggaran APBD. Seawal mungkin setiap tahunnya. Kalau bisa Januari segera keluarkan. Karena uang akan beredar dan menambah pertumbuhan ekonomi di kota, kabupaten, dan prov," katanya di Hotel Sahid, Jakarta, Kamis (4/8/2016).

Hal tersebut disampaikannya mengingat pada tahun ini, pemerintah daerah masih terkesan malu-malu menggelontorkan dana APBD. Bahkan, pada Mei 2016 anggaran APBD yang masih belum terpakai masih sekitar Rp246 triliun.

"Besar sekali. Uang kalau keluar semua ekonomi kita pasti akan terdongkrak naik. Pada Juni turun jadi Rp214 triliun, tapi masih di atas Rp200 triliun. Hati-hati bapak ibu. Ini keterlambatan realisasi pelaksanaan seperti ini jangan diteruskan. Stop harus segera dikeluarkan," tegas dia.

(Baca Juga: Angka Pertumbuhan Ekonomi dan Inflasi Jadi Sarapan Pagi Jokowi)

Menurutnya, jika uang tersebut tidak dikeluarkan maka tidak ada uang yang beredar di daerah. Apalagi, bagi daerah yang tidak memiliki kekuatan di sektor swasta. "‎Itu akan lebih berat lagi. Sehingga penting segera keluarkan, segera lelang jangan dtunda. Bulan Juli saya belum dapat angkanya. Ini berkaitan dengan APBD," tandasnya.
(akr)
preload video
loading...
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak