3 Doa Nabi Yusuf yang Faedahnya Luar Biasa untuk Diamalkan Sehari-hari

Sabtu, 17 Juni 2023 - 15:15 WIB
loading...
3 Doa Nabi Yusuf yang Faedahnya Luar Biasa untuk Diamalkan Sehari-hari
Ada beberapa doa Nabi Yusuf yang disebutkan dalam Al-Quran, doa Nabi Yusuf ini faedahnya sangat luar biasa untuk diamalkan sehari-hari. Foto ilustrasi/ist
A A A
Ketampanannya Nabi Yusuf alaihissalam menginspirasi seluruh umat muslim di dunia untuk mendapatkan keturunan seperti beliau. Salah satu caranya adalah dengan membaca atau mengamalkan surat Yusuf di Al-Quran dan juga rutin membaca doa nabi Yusuf .

Karena rupa dan ketampanannya ini, terjadi sebuah kisah dalam hidup nabi Yusuf. Sejak kecil beliau menjadi anak yang paling disayangi oleh ayahnya. Dan karena ketampanannya pula, Nabi Yusuf juga dimusuhi oleh saudaranya. Cobaan demi cobaan dilalui oleh Nabi Yusuf. Dengan doa-doanya, beliau mampu melewati berbagai macam fitnah.

Ada beberapa doa yang dipanjatkan Nabi Yusuf untuk mengatasi berbagai peristiwa dalam hidupnya. Berikut di antara doa Nabi Yusuf yang bersumber dari Al-Quran serta Hadis Rasulullah Shallallahu alaihi wa sallam :

1. Doa menjauhkan diri dari hawa nafsu

Doa ini bersumber dari al-Quran yang terdapat pada Surah Yusuf ayat 33 :

رَبِّ السِّجْنُ أَحَبُّ إِلَيَّ مِمَّا يَدْعُونَنِي إِلَيْهِ ۖ وَإِلَّا تَصْرِفْ عَنِّي كَيْدَهُنَّ أَصْبُ إِلَيْهِنَّ وَأَكُنْ مِنَ الْجَاهِلِينَ


Robbissijnu Akhabbul ilayya Mimma Yad’unaniy ilaihi. Wailla Tashrif ‘Anni Kaydahunna Ashbu ilaihinna Aa Akuminal Jahilin.

Artinya : Yusuf berkata: “Wahai Tuhanku, penjara lebih aku sukai daripada memenuhi ajakan mereka kepadaku. Dan jika tidak Engkau hindarkan dari padaku tipu daya mereka, tentu aku akan cenderung untuk (memenuhi keinginan mereka) dan tentulah aku termasuk orang-orang yang bodoh”.

2. Doa ketika becermin

Berikut adalah Bacaan Doa Nabi Yusuf yang baik dibaca ketika Bercermin. Doa ini juga dibaca oleh Rasulullah SAW dari Ibnu Mas’ud :

حديث اِبْنِ مَسْعُودٍ رضي الله عنه قَالَ: قَالَ رَسُولُ اَللَّهِ صلى الله عليه وسلم: «اَللَّهُمَّ كَمَا حَسَّنْتَ خَلْقِي, فَحَسِّنْ خُلُقِي». رَوَاهُ أَحْمَدُ وَصَحَّحَهُ اِبْنُ حِبَّانَ


Dari Ibnu Mas’ud, Rasulullah SAW bersabda : “Ya Allah sebagaimana Engaku telah ciptakan aku dengan baik, maka perbaikilah akhlakku.” diriwayatkan Ahmad dan di sahihkan ibnu hibban.

Dari hadis di atas dapat dipahami bahwa doa ini adalah bentuk rasa syukur kepada Allah SWT atas anugrah wajah yang telah kita miliki, lantas disambung dengan permintaan agar Allah SWT juga memperbaiki akhlak kita.

اَلَّلهُمَّ كَمَا حَسَّنْتَ خَلْقِيْ فَحَسِّنْ خُلُقِيْ


Allahumma Kamaa Hassanta Kholqii Fa Khassin Khuluqi.

Para ulama mengatakan bahwa doa ini baik kita amalkan ketika sedang bercermin agar kita memilki aura wajah yang menawan dan dicintai semua orang.

3. Doa agar dicintai semua orang

Doa Nabi Yusuf yang ketiga adalah sebagai berikut :

الَّلهُمَّ جَئَلْنِى نُوْرُ يُوْسُفَ عَلَى وَجْهِي فَمَنْ رَ اَنِى يُحِبُّنِي مَحَبَّتَنْي


Allaahummajalniy Nuuru Yusufa ‘Ala Wajhii Fa Man Roaanii Yuhibbunii Mahabbatan.

Artinya : “Ya Allah, jadikanlah Nur cahaya Nabi Yusuf pada wajahku, dan bagi siapa yang melihat akan menjadi kagum serta memiliki cinta kasih kepadaku.”

Doa ini biasanya dibaca dengan niat agar memiliki wajah yang tampan dan menarik. Doa ini juga memiliki manfaat yang sangat luar biasa yaitu mampu memancarkan aura wajah kita hingga dicintai semua orang. Mungkin doa ini pula yang sering disebut sebagian orang atau populer sebagai doa pengasih atau doa untuk menarik hati seseorang yang kita sukai.



Wallahu A'lam
(wid)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1303 seconds (0.1#10.140)