Luhut Pandjaitan Segera Benahi Konektivitas Tol Laut

Sabtu, 13 Agustus 2016 - 19:19 WIB
Luhut Pandjaitan Segera Benahi Konektivitas Tol Laut
Luhut Pandjaitan Segera Benahi Konektivitas Tol Laut
A A A
BANDUNG - Menteri Koordinator Kemaritiman Luhut Binsar Pandjaitan mengungkap program unggulan yang akan dijalankan kementeriannya. Salah satu yang akan digenjot adalah konektivitas tol laut.

"Tol laut itu harus kita benahi. Misalnya di pantai timur Sumatera, itu kan tidak ada kapal yang lewat membawa bahan (pangan) lebih murah. Itu sekarang sedang kita pikirkan," kata Luhut di Kampus Institut Teknologi Bandung (ITB), Sabtu (13/8/2016).

Beberapa daerah yang disoroti untuk dimaksimalkan konektivitas tol laut di antaranya Padang, Sibolga, dan Meulaboh. Bagian selatan Sumatera juga jadi perhatian. Pulau Jawa dan kawasan Banten juga tak luput dari sorotan karena tol laut belum maksimal.

"Makanya kenapa peta kemiskinan sangat tinggi (di daerah tersebut). Presiden sudah perintahkan agar kita atasi itu," jelasnya. (Baca: Luhut Janji Wujudkan Narasi Kemaritiman Bung Karno)

Selain konektivitas tol laut, Luhut mengatakan pihaknya juga akan memperbanyak pengadaan kapal. Untuk pengadaan tersebut, kementeriannya bekerjasama dengan ITB dan beberapa pihak lain agar jumlah kapal-kapal besar bisa ditambah dan kualitasnya baik.

Salah satu manfaat jika jumlah kapal bertambah adalah akan difungsikan sebagai feeder besar. Sehingga masyarakat tidak akan sulit mendapat barang-barang yang jadi kebutuhannya.
(ven)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5701 seconds (0.1#10.140)