Ini Alasan Pemerintah Tidak Naikkan Gaji PNS, TNI dan Polri

Selasa, 16 Agustus 2016 - 20:29 WIB
Ini Alasan Pemerintah Tidak Naikkan Gaji PNS, TNI dan Polri
Ini Alasan Pemerintah Tidak Naikkan Gaji PNS, TNI dan Polri
A A A
JAKARTA - Kementerian Keuangan memastikan untuk tahun depan gaji pegawai negeri sipil (PNS) serta Anggota TNI dan Polri tidak akan naik. Kebijakan tersebut sama seperti kebijakan tahun ini.

Hal ini, kata Dirjen Anggaran Kemenkeu Askolani, dikarenakan untuk mengantisipasi pembengkakkan beban pensiun yang dibayarkan pemerintah kepada para pensiunan PNS serta anggota TNI dan Polri.

"Tidak ada kenaikan gaji untuk tahun depan (bagi PNS, TNI, dan Polri), adanya pemberian THR saja atau gaji ke-14, sama seperti tahun ini. Ini dikarenakan untuk mengantisipasi beban dampak pensiun ke depan. Pokoknya kebijakan untuk belanja pegawai masih sama seperti yang sekarang," kata dia di Jakarta, Selasa (16/8/2016).

Askolani melanjutkan, untuk pemberian THR atau gaji ke-14 tersebut agar menjaga pendapatan riil PNS serta anggota Polri dan TNI sehingga tidak terdampak oleh inflasi.

Seperti diketahui, selain pemberian gaji ke-14, PNS dan anggota Polri serta TNI juga akan menerima gaji bulanan serta gaji ke-13 yang besarannya merupakan gaji pokok ditambah dengan tunjangan.
(ven)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5078 seconds (0.1#10.140)