alexa snippet

Tax Amnesty Diprediksi KEIN Mampu Tembus Rp1.495 Triliun

Tax Amnesty Diprediksi KEIN Mampu Tembus Rp1.495 Triliun
Komite Ekonomi dan Industri Nasional (KEIN) memprediksi bahwa pendapatan negara bisa bertambah lewat kebijakan tax amnesty di 2017/Ilustrasi
A+ A-
JAKARTA - Komite Ekonomi dan Industri Nasional (KEIN) memprediksi bahwa pendapatan negara bisa bertambah lewat kebijakan pengampunan pajak atau tax amnesty di 2017 dengan total mencapai Rp1.495,9 triliun. Amnesti Pajak dinilai membuat optimistis pertumbuhan ekonomi tahun 2017 tercapai, karena akan meningkatnya penerimaan negara dari sektor pajak.

Wakil Ketua KEIN Arif Budimanta menerangkan, pihaknya sudah melakukan kajian terkait penerimaan negara tersebut dan KEIN optimistis angka tersebut bisa dicapai tahun depan. Dia mengatakan, besaran nilai itu lebih rendah dari APBNP tahun 2016 yakni sebesar Rp165 triliun.

"Jadi secara umum masih cukup realistis," ucap Arif dalam keterangan tertulisnya, Jakarta, Sabtu (20/8/2016)

Namun dia juga mengingatkan mengenai laju inflasi yang dapat terjadi tahun 2017. Untuk diketahui, Presiden di Sidang Tahunan MPR Tahun 2016 menyebutkan proyeksi inflasi Indonesia tahun 2017 sebesar 4%.

Menurutnya guna menahan laju inflasi, upaya terbaik adalah memperbaiki sisi pemasukan selain mendorong peningkatan produksi, namun juga menjaga kelancaran distribusi. Dia menambahkan laju inflasi yang harus dijaga adalah bahan makanan yang selama ini bergejolak lebih tinggi daripada inflasi nasional.

"Inflasi bahan makanan perlu dijaga dalam rangka mempertahankan daya beli masyarakat dan mengurangi kemiskinan," tandasnya.

Sementara Paket Kebijakan Ekonomi yang telah dikeluarkan Pemerintah Indonesia sebanyak 12 jilid, menurut Arif, harus dilakukan karena merupakan bentuk komitmen pemerintah untuk mereduksi regulasi yang menghambat perekonomian nasional, terutama pada sisi investasi.
(akr)
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Facebook
  • Disqus
loading gif
Top