Benarkah The Simpsons Bisa Meramal masa Depan? Ini Faktanya Termasuk soal Kapal Selam Titanic

Jum'at, 23 Juni 2023 - 16:30 WIB
loading...
Benarkah The Simpsons Bisa Meramal masa Depan? Ini Faktanya Termasuk soal Kapal Selam Titanic
The Simpsons disebut bisa memprediksi hilangnya kapal selam wisata Titanic OceanGate, padahal faktanya tidak demikian. Foto/Fox, via New York Post
A A A
JAKARTA - Serial The Simpsons kerap dianggap punya kemampuan meramal masa depan, tapi fakta yang diungkapkan para penulisnya justru kebalikannya.

Dugaan bahwa serial The Simpsons bisa memprediksi masa depan kembali muncul. Kali ini setelah muncul cuplikan adegan serial tersebut yang dikaitkan dengan peristiwa hilangnya kapal selam wisata Titanic bernama OceanGate.



Dalam cuplikan yang beredar di media sosial, dikatakan bahwa salah satu episode serial itu menampilkan Homer Simpson yang bersama ayahnya mencari harta karun dengan kapal selam. Homer sempat tersesat, kehabisan oksigen, tapi akhirnya bisa diselamatkan.

Meski kelihatannya benar-benar bisa memprediksi masa depan, tapi para penulis The Simpsons sudah berulang kali mengatakan bahwa mereka tak melakukan hal tersebut. Menurut mereka, semuanya hanyalah sebuah kebetulan yang 'bisa diprediksi'.

Berikut ini beberapa 'ramalan' The Simpsons yang dianggap jadi kenyataan dan faktanya, termasuk soal kapal selam wisata Titanic.

1. Ramalan Kapal Selam Wisata Titanic OceanGate

Benarkah The Simpsons Bisa Meramal masa Depan? Ini Faktanya Termasuk soal Kapal Selam Titanic

Foto: Fox

Cerita tentang Homer dan ayahnya yang naik kapal selam untuk mencari harta karun ada dalam episode Simpson Tide yang tayang pada 1998, tepatnya season 9 episode 19. Serial ini ditulis oleh penulis veterannya, Mike Reiss, yang ternyata pada Juli tahun lalu juga pernah menjajal wisata Titanic dengan OceanGate.

Pada New York Post, Mike mengatakan bahwa Simpson Tide ia buat karena terinspirasi dari film laga Crimson Tide yang dirilis pada 1995. Dalam film yang dibintangi oleh Denzel Washington dan Gene Hackman itu, latarnya adalah di kapal selam USS Alabama, pascaperang dingin antara Amerika Serikat dan Uni Soviet.

"Kami tidak memprediksi masa depan. Kami hanya membuat cerita, dan 20 tahun kemudian peristiwa seperti itu terjadi," ujarnya.

Sementara itu, sebagian orang juga mengatakan bahwa kondisi seseorang yang berada di kapal selam dan tersesat, kemudian kehabisan oksigen adalah hal yang sangat mungkin terjadi kapan pun.

2. Ramalan Donald Trump Jadi Presiden

Benarkah The Simpsons Bisa Meramal masa Depan? Ini Faktanya Termasuk soal Kapal Selam Titanic

Foto: Fox

The Simpsons kerap kali disebut mampu meramal jalan hidup Donald Trump, dari mulai ia menjadi presiden Amerika Serikat hingga kematiannya. Namun semua klaim dari penggemar tersebut tidaklah benar.

Yang paling populer adalah foto Trump berpidato yang diklaim ada dalam serial tersebut sejak 2000. Padahal, gambar tersebut diambil dari kanal YouTube Animation Domination yang dibuat pada 7 Juli 2015, setelah Trump mengumumkan bahwa ia ingin mencalonkan diri dari Partai Republik pada 2016.

Begitu pun tentang cuplikan foto kematian Trump yang tertulis pada 2022, yang merupakan foto editan. Juga foto Trump bertemu Raja Arab Saudi Salman bin Abdulaziz dan Presiden Mesir Abdel Fattah al-Sisi pada 2017, yang diklaim dari serial yang tayang pada 2002. Padahal adegan itu baru dibuat pada 26 Mei 2017 atau setelah peristiwa tersebut terjadi.

Meski begitu, The Simpsons memang pernah membuat lelucon tentang Trump yang menjadi presiden pada 2000, yaitu dalam episode Bart to the Future. Namun ini tidak bisa disebut prediksi karena Trump sudah pernah memberi kode bahwa dirinya tertarik mengajukan diri menjadi presiden sejak 1999.

3. Ramalan Covid-19

Benarkah The Simpsons Bisa Meramal masa Depan? Ini Faktanya Termasuk soal Kapal Selam Titanic

Foto: Fox

Sempat beredar cuplikan dua pekerja yang memakai helm dan batuk-batuk, yang diambil dari episode berjudul Marge in Chains dari season 4 episode 21 yang tayang pada 1993. Lalu ada penyiar yang membacakan berita dengan tulisan "Corona Virus" di layar.

Mengutip Reuters, ternyata, cuplikan ini juga 100% hoaks alias hasil editan orang iseng. Aslinya, tulisan di layar tersebut adalah “Apocalypse Meow”, dan ada dalam episode yang berbeda, yaitu dari tahun 2010 berjudul The Fool Monty(season 22).

Adapun episode tentang karyawan yang batuk-batuk pun bukan bercerita tentang virus corona, melainkan tentang penyakit fiksi bernama flu Osak.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2440 seconds (0.1#10.140)