alexametrics

Jepang Akan Investasi USD10 Miliar di Perusahaan Migas Rusia

loading...
Jepang Akan Investasi USD10 Miliar di Perusahaan Migas Rusia
Jepang dikabarkan tengah berencana mengusulkan sebuah kerja sama di sektor energi bersama dengan Rusia yang mencakup investasi sebesar USD10 miliar/Ilustrasi
A+ A-
TOKYO - Jepang dikabarkan tengah berencana mengusulkan sebuah kerja sama di sektor energi bersama dengan Rusia yang mencakup investasi sebesar USD10 miliar di perusahaan raksasa Migas asal Rusia yakni Rosneft. Isu ini mencuat setelah Perdana Menteri (PM) Jepang dijadwalkan untuk bertemu Presiden Rusia Vladimir Putin pada sela-sela konferensi akhir pekan ini.

Dilansir Reuters, Jumat (2/9/2016) pertemuan keduanya diperkirakan akan membahas terkait upaya mempererat kerja sama dalam beberapa bidang di antaranya seperti energi dan teknologi. Jepang juga berharap dapat memperkuat hubungan ekonomi kedua negara dan menciptakan terobosan baru terkait permasalahan sengketa teritorial selama beberapa dekade.

Kementerian Ekonomi, Perdagangan dan Industri (METI) diberitakan surat kabar Nikkei sedang mempertimbangkan untuk mengucurkan investasi sebesar 1 trilun yen atau setara dengan USD9,7 milar untuk membeli 10% saham Rosneft. Langkah Jepang didukung oleh beberapa perusahaan pemerintah, , Gas dan logam Nasional Corp atau Jogmec.



Selain itu, pihak Jepang juga akan mempertimbangkan untuk melakukan survei kepada proyek-proyek minyak dan gas (migas) di Siberia Timur dan Timur Rusia. Hal itu ditunjukkan untuk mencari kerja sama teknis di pembangkit listrik dekomisioning Fukushima Daiichi dan nuklir, paparnya.

Di sisi lain MWTI belum bersedia berkomentar terkait rencana tersebut. Menteri METI Hiroshige Seko yang baru di angkat ikut menyertai Abe dalam perjalanan konferensi bisnis di Vladivostok.
(akr)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak