Pulse Lab Jakarta Transformasi Jadi Hub Inovasi Regional Asia Pasifik

Jum'at, 23 Juni 2023 - 22:40 WIB
loading...
Pulse Lab Jakarta Transformasi Jadi Hub Inovasi Regional Asia Pasifik
Satu Dekade Pulse Lab Jakarta dan Peluncuran United Nation Global Pulse Asia Pacific. FOTO/dok.SINDOnews
A A A
JAKARTA - Pulse Lab Jakarta (PLJ) resmi bertransformasi menjadi United Nations Global Pulse Asia Pacific. Transisi menjadi hub regional ini merupakan salah satu tindak lanjut dari deklarasi KTT G20 Bali dan menjadi tonggak penting upaya mendorong inovasi dan pembangunan di kawasan Asia Pasifik.

Didirikan pada 2012, sebagai fasilitas inovasi bersama PBB Pulse Lab Jakarta telah berevolusi dari laboratorium inovasi big data menjadi akselerator kemitraan analitika.

"Pemerintah Indonesia sangat mengapresiasi kerja sama dengan Pulse Lab Jakarta selama lebih dari 10 tahun ke belakang dan sangat antusias untuk menjadi tuan rumah hub inovasi ini," ujar Sekretaris Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional/Bappenas Taufik Hanafi dalam peluncuran resmi United Nations Global Pulse Asia Pacific, Jumat (23/6/2023).



Dia mengatakan melalui Pulse Lab Jakarta Bappenas mendukung kepemimpinan Indonesia dalam transisi menjadi hub inovasi regional yang baru. Apalagi, Indonesia memiliki banyak pengalaman transformasi digital yang dapat dibagikan dengan berbagai negara di kawasan Asia Pasifik.

"Upaya bersama tersebut memperkuat dedikasi kedua negara untuk mendorong inovasi dan pembangunan berkelanjutan di Asia Pasifik," kata dia.

Seiring dengan ekosistem yang berkembang ada tuntutan yang lebih besar untuk mengembangkan dan mengimplementasikan solusi inovatif yang lebih baik untuk menjawab berbagai tantangan dunia modern.

"Hub inovasi regional ini akan melanjutkan beberapa hal yang telah dilakukan oleh Pulse Lab Jakarta serta menempatkan Indonesia bersama PBB di posisi terdepan dalam mendorong inovasi regional," tandasnya.



Seperti diketahui, hub inovasi regional akan memegang peranan sebagai enabler untuk mendukung jaringan mitra pembangunan, dan mendorong visi untuk tantangan yang dihadapi di depan.
(nng)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1799 seconds (0.1#10.140)