Masyarakat Korea Utara Gemari Produk Indonesia

Minggu, 11 September 2016 - 12:45 WIB
Masyarakat Korea Utara Gemari Produk Indonesia
Masyarakat Korea Utara Gemari Produk Indonesia
A A A
PYONGYANG - Di tengah masalah percobaan senjata nuklir Korea Utara, ada yang menarik di negeri komunis tersebut. Masyarakat yang dipimpin Presiden Kim Jong-un ini ternyata menggemari berbagai produk Indonesia.

Hal tersebut disampaikan Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) di Pyongyang, Korea Utara, dalam siaran persnya yang dilansir Sindonews, Minggu (11/9/2016).

KBRI berpartisipasi dalam Pameran Dagang Internasional Musim Gugur di Pyongyang pada 5-8 September 2016. Pameran dagang ke-12 yang diselenggarakan di Three-Revolution Exhibition House ini diikuti lebih dari 280 exhibitors dari berbagai negara.

Dalam pameran tersebut, KBRI menampilkan berbagai produk makanan ringan dan minuman kemasan Indonesia, antara lain mie instan, kacang telur/panggang, kue kering/wafer, kopi kemasan three in one, teh, serta aneka jus buah. Selain itu, dipamerkan pula aneka produk perawatan tubuh sabun mandi, sampo, krim perawatan kulit.

Sebagaimana pameran dagang sebelumnya, stan Indonesia tidak pernah sepi dari pengunjung. Mereka tidak saja ingin mengetahui setiap produk yang dipamerkan tetapi juga berkesempatan mencicipi beberapa sampel makanan ringan dan minuman. Bahkan tidak sedikit dari yang berminat memborong produk-produk yang dipamerkan.

Namun, karena berbagai produk di stan Indonesia tidak untuk dijual maka para pengunjung diarahkan untuk membelinya di toko swalayan dan pasar tradisional di Pyongyang.

Tidak hanya makanan dan minuman, selendang batik dengan berbagai motif dan warna serta aneka kerajinan tangan Indonesia yang dipamerkan juga tak luput dari incaran banyak pengunjung. Mereka tidak hanya sekedar menanyakan harga tetapi juga sangat ingin membelinya.

Kehadiran stan Indonesia selalu memberikan kesan khusus pada setiap pameran dagang internasional di Pyongyang yang diselenggarakan pada musim semi dan musim gugur. Selain karena sejarah panjang hubungan persahabatan antara Indonesia dan Korea Utara, pengunjung tertarik dengan dekorasi stan Indonesia.

Tidak sedikit pengunjung yang memuji dekorasi stan Indonesia yang dihiasi dengan beragam kain batik dan kerajinan tangan Indonesia serta hiasan kain merah-putih. Tayangan video mengenai pariwisata Indonesia turut menyemarakkan suasana stan Indonesia.

Diketahui, pameran yang setiap hari dikunjungi sekitar 10 ribu orang ini, diikuti perusahaan dari berbagai negara, yaitu China, Singapura, Malaysia, Indonesia, Iran, Mongolia, Thailand, Vietnam, Rusia, Kuba, Italia, Jerman, Selandia Baru, Australia, dan tuan rumah Korea Utara.
(dmd)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.8058 seconds (0.1#10.140)