alexametrics

Bank of Japan Rombak Kebijakan Demi Mencapai Inflasi

loading...
Bank of Japan Rombak Kebijakan Demi Mencapai Inflasi
Bank of Japan. (Foto: Nikkei Asian Review)
A+ A-
TOKYO - Bank sentral Jepang (Bank of Japan/BoJ) mengambil langkah tidak terduga pada pertemuan Rabu (21/9/2016), dengan meluncurkan target suku bunga 10 tahun untuk meningkatkan upaya melawan deflasi.

Jepang merupakan salah satu negara terkemuka yang mengalami masa deflasi paling lama. Negeri Matahari Terbit berjuang keras untuk keluar dari kungkungan deflasi selama dua dekade. Deflasi membuat konsumsi domestik menjadi rendah sehingga berdampak buruk bagi pertumbuhan ekonomi.

Melansir Dow Jones, Rabu ini, keputusan BoJ mengambil target suku bunga 10 tahun menyusul review internal Jepang yang selama dua tahun gagal mencapai target inflasi 2%.



BoJ mengatakan akan mulai menargetkan suku bunga 10 tahun, dengan mempertahankan suku bunga minus 0,1% dalam kerangka memicu inflasi. Bertujuan agar bank-bank komersial mendorong lebih banyak pinjaman. BOJ juga mengatakan akan melanjutkan pelonggaran kuantitatif sampai inflasi "melebihi" 2%.

Dewan juga akan membeli obligasi pemerintah untuk jangka panjang guna menjaga imbang hasil obligasi 10 tahun di sekitar level saat ini dari 0%. Melansir Reuters, Rabu (21/9), BoJ akan terus membeli obligasi jangka panjang pemerintah hingga 80 triliun yen (USD781 miliar) per tahun.

Keputusan BoJ pada Rabu ini dilakukan setelah penilaian panjang selama beberapa pekan. Tujuannya untuk menghasilkan inflasi dan mendukung perekonomian.
(ven)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak