Amnesti Pajak Mulai Beri Dampak Positif ke Industri Properti

Sabtu, 08 Oktober 2016 - 06:19 WIB
Amnesti Pajak Mulai Beri Dampak Positif ke Industri Properti
Amnesti Pajak Mulai Beri Dampak Positif ke Industri Properti
A A A
YOGYAKARTA - Industri properti di Yogyakarta mulai merasakan dampak adanya amnesti pajak yang dilakukan pemerintah. Para pengembang mengaku mulai merasakan adanya peningkatan transaksi dari perumahan-perumahan yang mereka bangun di beberapa wilayah di Yogyakarta. Meski belum signifikan tetapi ada peningkatan.

General Manager CitraGrand Mutiara (Ciputra Group), Yuliarso Christiono mengungkapkan, amnesti pajak mulai berpengaruh positif bagi industri perumahan di Yogyakarta. Pembelian unit baru CitraGrand Mutiara sudah mulai meningkat. Selain itu berpindahtangannya unit-unit lama ke pemilik baru. "10 persen unit kami yang lama telah pindah tangan dari pemilik pertama," tuturnya saat pameran properti di Hartono Mall, Jumat (7/10/2016).

Ia mengakui dampak amnesti pajak memang belum begitu besar karena periode pertama baru saja selesai. Dan yang sangat dinanti para pengembang adalah dana repatriasi. Saat ini dana repatriasi dan deklarasi luar negeri dari wajib pajak yang ikut tax amnesty masih ngendon di perbankan.

Pihaknya memperkirakan transaksi akan menunjukkan peningkatan di bulan Februari 2017 mendatang. Karena dana repatriasi tersebut masuk ke Indonesia mulai bulan Desember hingga Januari 2017 mendatang. Sehingga transaksi baru menunjukkan peningkatan di bulan kedua.

Ia berharap dana amnesti pajak banyak masuk ke dunia properti, karena properti merupakan investasi yang sangat menjanjikan. Sebagai contoh, dalam setahun terakhir, harga properti dari CitraGrand Mutiara sudah mengalami peningkatan 20-25%. Itu terbukti dari harga jual dari rumah-rumah yang berpindah tangan ke pemilik kedua. "Yang dijual itu harganya sudah naik drastis," paparnya.

Dari secondary market tersebut, sekarang sudah mengalami peningkatan transaksi. Hal tersebut membuktikan jika harga properti naik sehingga ketika dijual kembali pemiliknya mendapatkan untung yang signifikan. Dan bisnis ini nampaknya masih menjanjikan terutama di Yogyakarta sebelah barat.

Harga jual kembali bisnis properti juga menjanjikan dari sisi yang lain. Karena properti yang mereka bangun di CitraGrand Mutiara juga laku untuk disewakan. Melalui pemasaran online, rumah-rumah di CitraGrand Mutiara mulai disewakan dan harga sewa juga lumayan tinggi. "Ini keuntungan lain investasi di properti," tuturnya.

Wakil Dewan Pengurus Daerah (DPD) Real Estate Indonesia (REI) Yogyakarta, Ilham Nur Muhammad mengakui REI memang berharap amnesti pajak ada yang mengalir ke bisnis properti sehingga nanti dapat menggeliatkan kembali industri properti di Yogyakarta. Karena selama beberapa tahun terakhir industri properti di Yogyakarta sedang mengalami kelesuan.
(ven)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.3892 seconds (0.1#10.140)