Commonwealth Bank dan IWAPI Target Tingkatkan Literasi Keuangan

Rabu, 12 Oktober 2016 - 03:12 WIB
Commonwealth Bank dan IWAPI Target Tingkatkan Literasi Keuangan
Commonwealth Bank dan IWAPI Target Tingkatkan Literasi Keuangan
A A A
JAKARTA - Dalam Rapat Kerja Nasional (Rakernas) Ikatan Wanita Pengusaha Indonesia (IWAPI) di Lombok, PT. Bank Commonwealth (“Commonwealth Bank”) mengajak IWAPI untuk berkolaborasi dalam meningkatkan literasi serta akses keuangan menyasar ke kurang lebih 40,000 pengusaha SME wanita.

Melalui program literasi keuangan wanita WISE (Woman Investment Series) milik Commonwealth Bank serta akses keuangan bisnis bagi SME, kerja sama ini bertujuan membantu pengusaha SME wanita di Indonesia agar lebih sadar keuangan, terutama dalam kaitannya dalam pengembangan bisnis.

Kolaborasi ini dinilai penting dilakukan karena SME milik wanita diyakini memberikan kontribusi besar terhadap pertumbuhan ekonomi Indonesia. Studi menyebutkan bahwa hampir setengah dari keseluruhan SME di Indonesia dimiliki oleh wanita.

“Kolaborasi Commonwealth Bank dan IWAPI ini bersifat sangat strategis, dimana tujuan kami adalah mendorong perkembangan SME milik pengusaha wanita dengan harapan kerja sama ini bisa membantu pertumbuhan perekonomian Indonesia secara keseluruhan. Hal ini sesuai dengan visi Commonwealth Bank yaitu to excel at securing and enhancing the financial wellbeing of people, businesses and communities,” ujar Director of Strategy, Digital Solutions and Customer Franchise Commonwealth Bank Ida S. Simatupang dalam keterangan tertulis.

Sementara itu, berdasarkan studi yang sama, diungkapkan bahwa prosedur bank yang rumit dirasakan oleh 40% wanita, dibandingkan 28% pria, sebagai faktor negatif dalam berhubungan dengan bank.

"Kami melihat hal ini sebagai kesempatan bagi Commonwealth Bank untuk memberikan edukasi literasi keuangan dan akses produk dan layanan bagi SME. Kami akan membantu pengusaha SME wanita Indonesia dan menyediakan layanan konsultasi agar mereka mendapatkan pengetahuan dan kemudahan untuk mengakses fasilitas keuangan untuk kemajuan bisnisnya,” tambah Ida.

Selain melalui tatap muka, para pengusaha SME wanita juga bisa mengakses informasi edukasi literasi keuangan secara gratis dan online melalui aplikasi (WISE). Penyediaan akses secara digital ini sesuai dengan misi Commonwealth Bank untuk menjadi market leader dalam layanan keuangan digital bagi nasabah ritel dan SME.

“Kami memiliki aspirasi untuk memberikan layanan keuangan digital yang mudah, bebas hambatan, dan gampang diakses dari mana saja di seluruh Indonesia. Dengan aplikasi WISE, anggota IWAPI yang tersebar di 260 cabang dan 34 provinsi di Indonesia bisa mendapatkan informasi yang sama,” tukas Ida.

Ketua Umum IWAPI Dyah Anita Prihapsari, MBA menyatakan rasa puasnya atas kolaborasi dengan Commonwealth Bank.

“IWAPI hadir dengan tujuan untuk menyebarkan semangat kewirausahaan untuk wanita Indonesia. Salah satu langkahnya adalah dengan menyediakan akses ke teknologi baru, pemasaran, dan bantuan keuangan untuk mengembangkan bisnis mereka. Kami berharap, kerja sama dengan Commonwealth Bank tidak hanya membuat anggota IWAPI lebih teredukasi mengenai literasi dan akses keuangan untuk bisnis, tetapi juga meningkatkan minat wanita Indonesia untuk berwirausaha,” jelasnya.

Selain menargetkan pengusaha SME wanita, aplikasi WISE juga dikembangkan oleh Commonwealth Bank untuk membantu ibu rumah tangga dan wanita karir dalam mengatur keuangan keluarga. Dalam aplikasi ini, para pengguna juga dapat melakukan sejumlah kalkulator dan simulasi terkait pengaturan keuangan dan investasi. Untuk mengunduh, kunjungi Google Playstore dan Appstore dan mencari WISE apps.
(akr)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.9760 seconds (0.1#10.140)