China Kalahkan Amerika Serikat Soal Jumlah Miliarder

Kamis, 13 Oktober 2016 - 17:41 WIB
China Kalahkan Amerika Serikat Soal Jumlah Miliarder
China Kalahkan Amerika Serikat Soal Jumlah Miliarder
A A A
BEIJING - Daftar tahunan orang terkaya di China telah menunjukkan, sekali lagi negara berjuluk Negeri Tirai Bambu itu memiliki jumlah miliarder lebih banyak dari Amerika Serikat (AS) untuk semakin memperlebar kesenjangan. Pengusaha properti Wang Jianlin lewat perusahaan raksasa real estate milikinya Dalian Wanda menduduki posisi puncak sebagai orang terkaya di China.

Dilansir BBC, Kamis (13/10/2016) pada urutan kedua orang terkaya di China, ditempati pemilik Alibaba yakni Jack Ma dengan nilai kekayaan yang meningkat sebesar 41% dibandingkan tahun lalu. Tercatat jumlah miliarder di China pada tahun ini mencapai 594 orang, atau melebihi Amerika Serikat yang dipunyai 535 miliarder. Daftar tahunan orang terkaya China disusun oleh penerbit asal Shanghai Hurun dan sering dibandingkan dengan daftar Forbes di Amerika Serikat.

(Baca Juga: Alibaba Catat Peningkatan Pertumbuhan secara Global)

Laporan Hurun terkait daftar orang terkaya adalah salah satu yang paling ditunggu dan dipercaya, karena akurasinya dalam penilaian kekayaan di China. Laporan tahunan ini sendiri telah diterbitkan selama 18 tahun terakhir. Pada awal tahun ini, penerbit merilis daftar terpisah, ketika secara global jumlah miliuner di China kalah jumlah dengan Amerika Serikat untuk pertama kalinya.

Pada posisi teratas daftar orang kaya China ditempati Wang Jianlin dengan nilai kekayaan pribadi mencapai USD32,1 miliar atau setara dengan Rp419,7 triliun. Perusahaan miliknya Dalian Wanda telah menjadi headline sepanjang tahun dengan profil tinggi di pasar film AS. Dengan mengambil alih Legendary Entertainment, perusahaan milik Wang Jianlin mulai melangkah ke jaringan bioskop AS dan Inggris serta menjalin aliansi dengan Sony Pictures.

(Baca Juga: Top Tips Orang Terkaya China Wang Jianlin)

Sementara nilai kekayaan Jack Ma lewat perusahaan e-commerce terbesar di China yakni Alibaba Group, mencapai USD30,6 miliar atau setara Rp400,09 triliun. Selanjutnya di posisi ketiga ada Pony Ma yang bergerak di bidang internet dan produsen raksasa game online yakni Tencent dengan kekayaan mencapai USD24,6 miliar atau sekitar Rp321,6 triliun.

Peningkatan terbesar datang dari perusahaan investasi Yao Zhengua dan Baoneng Group dibidang real estate dengan jumlah kekayaan yang melompat sebesar 820% menjadi USD17,2 miliar atau sebanding dengan Rp224.8 triliun untuk menempati posisi keempat. Pemilik Hurun Rupert Hoogewerf mengatakan kenaikan kekayaan Yao diibaratkan pergeseran ekonomi di China.

"Yao di bidang investasi keuangan mewakili gelombang baru penciptaan kekayaan di China. Hasil kekayaan di China pada 20 tahun lalu berasal dari sektor perdagangan, lalu diikuti manufaktur, real estate, IT dan saat ini datang dari pasar modal tentang investasi keuangan," paparnya.

Selanjutnya daftar orang terkaya China ada Robin Li dan Melissa Ma pendiri brand search engine Baidu dengan nilai kekayaan USD14,7 miliar. Sedangkan peringkat kedelapan ditempati produsen smartphone Xiaomi Lei Jun, ketika perusahaan miliknya jatuh dari posisi 10 besar dalam kompetisi di pasar smartphone China. Mayoritas miliarder China berasal dari wilayah Beijing diikuti oleh Shenzhen, Shanghai dan Hangzhou.

Secara global, daftar orang kaya Forbes dipimpin oleh pendiri Microsoft Bill Gates dengan nilai kekayaan sebesar USD75 miliar diikuti Amancio Ortega lewat brand Zara serta investor legendaris Warren Buffett.
(akr)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6274 seconds (0.1#10.140)