Kalstar Air Tambah Lima Rute Baru hingga Akhir Tahun

Selasa, 18 Oktober 2016 - 22:34 WIB
Kalstar Air Tambah Lima Rute Baru hingga Akhir Tahun
Kalstar Air Tambah Lima Rute Baru hingga Akhir Tahun
A A A
TANGERANG - Maskapai penerbangan PT Kalstar Aviation atau Kalstar Air menargetkan membuka lima rute baru penerbangan sampai akhir tahun ini. Kelima rute tersebut diantaranya Kupang-Makassar-Banjarmasin pulang-pergi (PP), Palu-Toli-Toli-Tarakan, Banjarmasin-Tanjung Warukin, Tanjung Selor-Balikpapan serta Surabaya-Balikpapan.

Direktur Komersial Kalstar Air, Aditya Wardana mengatakan, rute-rute tersebut akan mempersingkat perjalanan, terutama dari Kalimantan dan wilayah sekitarnya. "Untuk rute Kupang-Makassar-Banjarmasin per 24 Oktober sudah mulai kami buka, selanjutnya rute yang lain menyusul," kata dia di Kantor Kalstar, Tangerang, Selasa (18/10/2016).

Dia menjelaskan, rute-rute baru tersebut merupakan rute yang berpotensi berkembang. Adapun, target tingkat keterisian pada rute-rute tersebut mencapai presentase 75%. Selama ini, Kalstar Air mendominasi wilayah-wilayah Kalimantan terutama untuk daerah-daerah pelosok. "Kami sudah lama mendominasi wilayah Kalimantan. Artinya, jika dibanding maskapai besar nasional, kami melihat yang lain," sambung dia.

Menurut dia, potensi wilayah Kalimantan banyak didorong oleh hubungan emosional antara masyarakat di wilayah pulau Sulawesi dan Kalimantan. Selain itu, adanya permintaan dari kepala daerah setempat memungkinkan Kalstar beroperasi pada daerah-daerah tersebut. "Selebihnya tentu potensi pariwisata dari wilayah Kalimantan menuju daerah sekitarnya," ucap dia.

Kalstar Air menambahkan, rute-rute baru tersebut bukan merupakan rute perintis yang mendapatkan subsidi dari pemerintah, melainkan inisatif Kalstar melihat adanya potensi di daerah-daerah tersebut.

Marketing Manager Kalstar Air, Tomy Dwiputra mengatakan, pesawat-pesawat yang akan digunakan pada rute-rute baru tersebut akan didominasi ATR 42 dan ATR 45. "Selain ATR, kami menyiapkan pesawat Embraer 192 sebagai strategi cadangan pesawat. Jadi selalu ada celah dalam melihat kompetisi di sektor ini," ujarnya.

Dengan rute yang diterbanginya, Kalstar Air setiap bulan mampu mengangkut 100.000 penumpang. Saat ini, Kalstar Air memiliki 13 unit pesawat. Tiga diantaranya merupakan pesawat dengan jenis Embraer 190-192, serta enam pesawat ATR-72 (500) dan empat pesawat ATR 42 (500). Adapun wilayah-wilayah operasi Kalstar meliputi Kalimantan, Nusa Tenggara Timur/Bali, Sulawesi dan sebagian wilayah Jawa.

Sebagai maskapai yang beroperasi pada wilayah berkembang, Kalstar masih menghadapi sejumlah kendala. Diantaranya waktu operasi bandara yang masih berbeda-beda antara bandara besar dengan bandara tujuan. Mereka pun berharap pemerintah memperhatikan jam operasi bandara. Misalnya dari Bandara Kupang ke bandara tujuan, jam operasi ke bandara tujuan masih terbatas pada sore hari.

"Di sisi lain, kami berharap ada insentif bagi maskapai berupa biaya pemanfaatan fasilitas bandara seperti apron. Artinya, insentifnya bisa saja harga parkirnya lebih murah atau disubsidi gratis," pungkas Aditya.
(ven)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7872 seconds (0.1#10.140)