Mengenal Sejarah Tesla, Perusahaan Kendaraan Listrik Ternama Milik Elon Musk

Senin, 10 Juli 2023 - 15:57 WIB
loading...
Mengenal Sejarah Tesla, Perusahaan Kendaraan Listrik Ternama Milik Elon Musk
Tesla merupakan sebuah perusahaan otomotif ternama dunia yang dimiliki Elon Musk. Foto/Tesla/Bussiness Insider
A A A
TEXAS - Sejarah terkait keberadaan Tesla menjadi pembahasan menarik untuk diulas. Tesla merupakan sebuah perusahaan otomotif ternama dunia yang dimiliki Elon Musk.

Pada perjalanannya, Tesla telah melewati jalan panjang dan berlubang menuju kesuksesannya. Setelah melalui pasang surutnya, perusahaan ini telah dikenal luas sebagai produsen kendaraan listrik ternama di dunia.

Sejarah Tesla

Riwayat panjang Tesla berakar sekitar pertengahan tahun 2003. Saat itu sepasang insinyur bernama Martin Eberhard dan Marc Tarpenning mendirikan Tesla di San Carlos, California, Amerika Serikat.



Mengutip laman Forbes, Senin (10/7/2023), perusahaan saat itu bernama Tesla Motors. Terkait penamaannya, perusahaan ini mendapat referensi dari nama seorang fisikawan terkenal di dunia, yakni Nikola Tesla.

Saat pertama kali berdiri, Eberhard menempati posisi sebagai CEO. Saat itu, Eberhard menyebut bahwa Tesla akan menjadi produsen mobil berteknologi canggih. Tujuan mereka adalah menciptakan dan memproduksi kendaraan listrik (EV) secara massal.

Masuknya Elon Musk

Saat ini, Tesla tentu sangatlah identik dengan sosok Elon Musk. Pada sejarahnya, dia bergabung sekitar tahun 2004 dengan cara berinvestasi.

Saat itu, Elon menginvestasikan sekitar USD6,5 juta sebagai dana awal. Kontribusinya ini membuatnya bergabung dengan Dewan Direksi Tesla, yakni sebagai ketua.

Sekitar dua tahun menyusun strategi, Elon menjadi pelopor munculnya pendanaan baru dalam jumlah besar. Seri B berhasil mengumpulkan USD13 juta serta menambahkan Valor Equity Partners ke tim pendanaan.

Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1576 seconds (0.1#10.140)