Ini Usulan Bappenas Menstabilkan Harga Pangan

Kamis, 03 November 2016 - 17:19 WIB
Ini Usulan Bappenas Menstabilkan Harga Pangan
Ini Usulan Bappenas Menstabilkan Harga Pangan
A A A
JAKARTA - Kementerian Perencanaan dan Pembangunan Nasional (PPN)/Bappenas mengusulkan adanya perubahan rute pelayaran kapal logistik. Hal ini demi mewujudkan stabilitas harga pangan di wilayah timur Indonesia.

Menteri PPN/Kepala Bappenas Bambang Brodjonegoro mengatakan, peningkatan kelas menengah pada 2025 akan menuntut penyediaan pangan yang praktis, legal, sehat, dan murah. Sayangnya, pemenuhan kebutuhan pangan seringkali terkendala karena biaya logistik yang mahal sehingga penyediaan harga yang murah sulit terwujud.

‎"Peran logistik itu penting dan sistem logistik kita masih belum baik, sehingga kita sering terjadi gejolak harga. Logistik yang memadai juga masih minim, umumnya di wilayah timur," katanya di Hotel Dharmawangsa, Jakarta, Kamis (3/11/2016).

Karena itu, mantan Menkeu ini mengusulkan adanya perubahan rute pelayaran domestik. Misalnya, rute pelayaran kapal logistik dari Surabaya sebaiknya langsung menuju Sorong atau Papua, tanpa transit di daerah tertentu. Dengan begitu, ongkos menjadi lebih murah.

"Tapi melihat skala yang akan digunakan, lebih baik dipecah. Ini bisa menyesuaikan skala ekonomi, karena belum banyak barang dari Papua yang bisa dibawa ke Sulawesi dan sekitarnya. Ini bisa menghemat banyak," imbuh dia.

Selain itu, Bambang juga meminta adanya solusi untuk biaya transportasi di darat dan udara. Sebab ongkos logistik akan sangat memengaruhi besarnya harga barang setelah didistribusikan.‎

"Tantangan dari analisa kita dalam penentuan harga, bukan besarnya angkutan laut tapi daratnya. Misalnya dari Sorong ke Nabire, perlu dipikirkan angkutan darat oleh BUMN atau angkutan udara. Sehingga harga di Papua itu jadi bisa lebih reasonable," tandasnya.
(ven)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7658 seconds (0.1#10.140)