alexa snippet

GCG Itu Emas

Bumi Putera dengan cerdik memilih tagline: “proven over time“, sedangkan HM Sampoerna memasang tahun 1913 di logonya. Intinya, makin tua makin bisa dipercaya.

Tidak semua perusahaan tua bernasib baik. Salah satunya adalah Lehman Brothers, perusahaan jasa keuangan global. Sebelum dinyatakan bangkrut, Lehman Brothers adalah bank investasi keempat terbesar di Amerika Serikat. Lehman Borther beroperasi dari 1850 hingga 2008 atau 158 tahun.

Beberapa tahun sebelum kematiannya, Lehman Brothers ternyata mengabaikan praktik tata kelola yang baik. Eksekutif Lehman Brothers secara berkala melakukan manipulasi data keuangan di setiap akhir kuartal agar kinerja keuangannya tampak lebih bagus dari aslinya.

Mereka juga tidak mengelola risiko perusahaan secara baik dengan menaruh dana terlalu banyak di aset subprime mortgage yang berisiko tinggi. Ketika krisis subprime mortgage melanda, Lehman brothers mengalami kerugian yang fantastis.

Nasib yang sama dialami oleh perusahaan akuntansi ternama di dunia, Arthur Andersen, yang berdiri 1913. Arthur Andersen berhenti beroperasi pada 2002 setelah diputuskan bersalah saat mengaudit Enron, perusahaan energi di Texas yang bangkrut pada 2001. Arthur Andersen terlibat dalam skandal manipulasi laporan keuangan Enron yang menggelembungkan pendapatan Enron hingga USD100 miliar.

Untuk bisa panjang umur, perusahaan harus memiliki reputasi yang baik, dan reputasi yang baik datang dari tata kelola perusahaan yang baik. Dalam upaya mempercepat internalisasi praktik-praktik GCG perusahaan publik di Indonesia, Indonesian Institute for Corporate Directorship (IICD) secara berkala mengevaluasi praktik CG perusahaan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI).

Penghargaan bagi perusahaan yang memiliki praktik GCG terbaik akan diberikan dalam acara “The 8th IICD CG Conference and Award”, Senin, 7 November 2016 di Jakarta. Semoga upaya ini bisa memotivasi perusahaan publik di Indonesia agar makin amanah, berkembang dan sukses melintasi abad demi abad.
halaman ke-1 dari 2
loading gif
Top