Bupati Kudus Beri Kredit Tanpa Agunan untuk Rakyat

Selasa, 08 November 2016 - 09:03 WIB
Bupati Kudus Beri Kredit Tanpa Agunan untuk Rakyat
Bupati Kudus Beri Kredit Tanpa Agunan untuk Rakyat
A A A
JAKARTA - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kudus memiliki cara tersendiri untuk menyalurkan kredit ke masyarakat. Hal ini dikarenakan Bupati Kudus Musthofa merasa sedih setiap kali mengamati pelaku UMKM, petani, dan masyarakat yang mencari pinjaman dari rentenir dengan bunga tinggi.

Dia kerap mengamati sepanjang hari, di mana masyarakatnya, bahkan sopir angkot yang bekerja dari pagi kemudian mereka mencari modal untuk pulang ke rumah dengan bantuan rentenir dan harus membayar bunga hingga 10%.

"Saya mengamati itu dari pagi sampai sore, ternyata mereka pulangnya pinjam uang ke rentenir dengan bunga 10%. Akhirnya saya berpikir, bagaimana saya bisa kerja sama dengan bank-bank setempat, memberi pinjaman ke mereka, dan tanpa agunan (jaminan)," katanya dalam seminar Indonesia Naik Kelas bersama KORAN SINDO dan SINDOnews di Jakarta, Senin (7/11/2016).

Dia pun merangkul sejumlah lembaga dan perbankan daerah untuk menjalankan program ini. Lembaga-lembaga tersebut akhirnya dengan senang hati mau bekerja sama dengan Pemkab Kudus.

"Kita bekerja sama dengan perbankan daerah, dan lembaga penjamin kredit yang berasal dari Jamkrindo dan Askrindo, mereka mau bantu kita dan masyarakat," katanya.

Musthofa telah memfasilitasi kredit usaha produktif bagi mereka yang tidak memiliki jaminan. Dengan bunga hanya 0,9%, sudah termasuk biaya penjaminan, administrasi dan biaya produksi.

Selain itu, pihaknya tidak merasa takut dengan adanya kejadian kredit macet, karena itu semua telah dijamin Jamkrindo dan tinggal mengedukasi masyarakatnya agar tidak terjadi kredit macet.

"Jadi, tinggal pemerintah sekarang yang membentuk pendamping wirausaha, inilah satu persatu fakta yang terbukti bahwa memberikan kredit itu bisa 0% tunggakan," tutup dia.
(izz)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4481 seconds (0.1#10.140)