Gercep! Menkominfo Langsung Sikapi Project S TikTok yang Ancam UMKM

Senin, 17 Juli 2023 - 21:53 WIB
loading...
Gercep! Menkominfo Langsung Sikapi Project S TikTok yang Ancam UMKM
Menkominfo Budi Arie Setiadi sikapi ancaman TikTok terhadap UMKM. Foto/Kominfo
A A A
JAKARTA - Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Budi Arie Setiadi bergerak cepat dalam menyikapi keberadaan plaftorm social commerce TikTok yang belakangan dikeluhkan oleh sejumlah kalangan. Usai dilantik Budi bakal menemui sejumlah kementerian lain, salah satunya Kementerian Perdangangan.



Platform social commerce TikTok yang turut menggarap e-Commerce tengah menjadi sorotan. Kritik terhadap aplikasi dari China itu pernah dilontarkan Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki. Menurut Teten layanan tersebut dapat mengancam bisnis para pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) di dalam negeri lewat inisiasi Project S yang digarap oleh TikTok di Inggris.

"Platformnya mungkin dari kita, tapi banyak policy. Soal kebijakan impor itu kan Kementerian Perdagangan. Jadi nanti mungkin di Satgas akan kita rumuskan bersama sinergi antar-sektor," kata Budi usai acara serah terima jabatan (sertijab) di kantornya, Jalan Medan Merdeka Barat, Jakarta, Senin (17/7/2023).

Lebih lanjut, Budi Arie bilang, setelah dirinya dilantik sudah diperintahkan oleh Presiden Joko Widodo untuk membentuk Satgas yang nantinya bakal memperkuat segala jenis bentuk terkait penguatan teknologi informasi yang mencakup kedaulatan data, e-commerce, internet of things (IoT), dan penggunaan kecerdasan buatan (artificial intelligence/AI).

Sebab seiring perkembangan zaman, teknologi atau plaform semakin berkembang. Dan, model bisnis perdagangan daring pun perlu diatur secara menyeluruh.

"Karena terus terang kemajuan ini memerlukan cara berpikir baru juga untuk mengatasi. Kalau e-commerce kan soal izin impornya dari mana? Dari (Kementerian) Perdagangan kan. Jadi supaya dipahami, bukan cuma Kominfo yang ngurusin ini tetapi ada kementerian lembaga lain yang in-charge untuk hal-hal seperti ini," sambung Budi.

Dalam kesempatan itu, Budi Arie juga bilang, konten-konten yang ada TikTok dan media sosial lainnya bakal turut diawasi secara ketat karena sudah ada laporan.

Usai pelantikan, Presiden Jokowi menugaskan Menkominfo Budi Arie Setiadi untuk menyelesaikan persoalan penyatuan media sosial (medsos) dan e-commerce. Presiden meminta tugas baru itu segera dituntaskan.

"Nanti itu tugasnya menteri baru, nanti akan saya perintahkan apa-apa, tanyakan ke Pak Menteri kalau sudah (ada detailnya)," kata Jokowi di Istana Negara.



"Semua bisa dikejar, semua bisa dipercepat, sudah ada wamen, tambah satgas, detailkan persoalan di dalam, bukan soal yang mudah. E-commerce sekarang ini dengan kecepatan perubahan yang sangat cepat banget," sambung Presiden.

(uka)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2074 seconds (0.1#10.140)