Satu Jemaah Haji Masih Hilang, Rumah Sakit dan Kamar Jenazah Kembali Disisir

Selasa, 18 Juli 2023 - 07:25 WIB
loading...
Satu Jemaah Haji Masih Hilang, Rumah Sakit dan Kamar Jenazah Kembali Disisir
Kepala Bidang Perlindungan Jemaah (Kabid Linjam) PPIH Arab Saudi Harun Al Rasyid di Makkah, Foto/Sucipto/SINDOnews
A A A
MAKKAH - Petugas Penyelenggaran Ibadah Haji (PPIH) Arab Saudi terus mencari keberadaan Idun Rohim Zen,87. Jemaah haji yang tergabung dalam kloter 20 Embarkasi Palembang tersebut hingga kini masih hilang.

Seperti diberitakan, tiga jemaah haji Indonesia hilang saat puncak haji di Arafah, Muzdalifah, dan Mina (Armuzna). Ketiganya yakni, Idun Rohim Zen (87) dari Embarkasi Palembang Kloter 20 (PLM 20), Suharja Wardi Ardi (69) dari Embarkasi Kertajati Kloter 10, dan Niron Sunar Suna (77) dari Embarkasi Surabaya Kloter 65 (SUB 65).

Dua di antaranya telah ditemukan meninggal dunia yakni, Niron Sunar Suna (77) ditemukan meninggal dunia di Rumah Sakit An Nur. Kemudian, Suharja Wardi Ardi,69, juga ditemukan sudah meninggal dunia Rumah Sakit (RS) Mu'aisyim, Mina, Makkah.

Saat ini, masih ada satu jemaah yang masih dicari, yaitu Idun Rohim Zen,87, yang tergabung dalam kloter 20 Embarkasi Palembang.

"Alhamdulillah dari tiga jemaah haji yang selama ini kita cari dan hilang, dua sudah ditemukan dan telah kita proses pemakamannya," kata Kepala Bidang Perlindungan Jemaah (Kabid Linjam) PPIH Arab Saudi Harun Al Rasyid di Makkah, Senin (17/7/2023).

Saat ini, pihaknya tengah berkonsentrasi pada satu jemaah lagi yang masih dalam proses pencarian. Tim kembali menyisir sejumlah kamar jenazah di rumah sakit di Makkah.

"Kami kembali melakukan penyisiran di berbagai tempat termasuk kita datangi kembali Tsalajah Muasyim dan kamar kamar jenazah yang di rumah sakit di sekitar Makkah, " katanya.

Harun yang pernah menjabat Kepala Satuan Operasi (Kasatops) Armuzna ini mengatakan, tim dalam dua hari ke depan akan meninjau kembali RS di Jeddah setelah pada Minggu, 16 Juli 2023 tim dua bergerak ke tempat yang sama.

"InsyaAllah, Selasa ini tim dua bergerak kembali menyisir jemaah yang dirawat di ruang ICU dan ruang jenazah di rumah sakit di Jeddah," kata Harun.

Sedangkan, tim satu kembali bergerak ke Muaisyim dan kantor polisi di Mina serta mendatangi rumah sakit di Makkah. "Kami mohon doanya mudah-mudahan satu orang jemaah yang masih dicari ini ada titik temu, " kata Harun.

Perlu diketahui, Idun terakhir kali meminta izin kepada Ketua Kloter 20 Embarkasi Palembang Maytizah Husna untuk pergi ke toilet pada 27 Juni 2023, sekitar pukul 15.30 Waktu Arab Saudi (WAS), atau sore hari di tengah masa wukuf di Arafah.
(maf)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1164 seconds (0.1#10.140)