AS Respons Peringatan Laut Hitam Rusia, Ogah Bantu Kapal Masuk Ukraina

Kamis, 20 Juli 2023 - 07:13 WIB
loading...
AS Respons Peringatan Laut Hitam Rusia, Ogah Bantu Kapal Masuk Ukraina
Kapal kargo berbendera Sierra Leone, Razoni yang membawa biji-bijian Ukraina meninggalkan pelabuhan, di Odesa, Ukraina, 1 Agustus 2022. Foto/REUTERS
A A A
WASHINGTON - Amerika Serikat (AS) tidak memiliki rencana membantu kapal-kapal memasuki pelabuhan Ukraina.

Sekretaris Pers Gedung Putih Karine Jean-Pierre mengkonfirmasi itu pada Rabu (19/7/2023), menanggapi pertanyaan wartawan tentang peringatan Kementerian Pertahanan Rusia bahwa semua kapal yang menuju pelabuhan Ukraina di Laut Hitam akan dianggap sebagai target militer.

“Washington akan terus mendukung upaya Ukraina membawa biji-bijian Ukraina ke pasar," ujar Jean-Pierre.

Dia menyebutkan paket bantuan senilai USD250 juta bersama dengan benih, pupuk, dan bantuan penyimpanan dan pemrosesan tanaman.

Namun, ketika ditanya bagaimana AS berencana “menopang kemampuan angkatan laut (Ukraina),” dia hanya menawarkan janji yang tidak jelas untuk “memastikan mereka memiliki apa yang mereka butuhkan untuk mempertahankan diri.”

Peralatan keamanan pelabuhan termasuk dalam paket bantuan militer senilai USD1,3 miliar yang diumumkan Pentagon pada Rabu.



Ukraina juga akan menerima National Advanced Surface to Air Missile Systems (NASAMS), drone Phoenix Ghost dan Switchblade, peluru artileri tambahan dan peralatan pembersihan ranjau, peralatan pendeteksi peperangan elektronik dan kontra-drone, serta amunisi udara presisi dalam paket terbaru.

Semua itu menjadikan jumlah total bantuan militer yang dipasok AS sejak operasi militer Rusia dimulai pada tahun 2022 menjadi USD42,6 miliar.

Komentar Jean-Pierre membenarkan komentar juru bicara Dewan Keamanan Nasional John Kirby, yang awal pekan ini mengesampingkan penggunaan aset militer AS untuk melindungi pengiriman biji-bijian masuk dan keluar dari pelabuhan Ukraina.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1161 seconds (0.1#10.140)